• Ratusan Bus Mudik Di Mataram Uji Kelaikan

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Ratusan bus mudik Idul Fitri 1437 Hijriah di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengikuti uji kelaikan yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika sebagai bagian pemenuhan aspek keselamatan penumpang.
    Kepala Bidang Operasi Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram Mahfuddin Noor di Mataram, Selasa, mengatakan uji kelaikan ratusan bus tersebut sudah dimulai sejak Senin (20/6) dan akan berakhir Jumat (24/6).
    “Jumlah bus mudik saat ini sekitar 218 unit, terdiri atas 118 bus antarkota antarprovinsi dan 100 unit bus antarkota dalam provinsi,” katanya.
    Namun demikian, katanya, bus yang diuji kelaikan adalah bus yang akan dioperasionalkan oleh setiap perusahaan bus, pasalnya tidak semua bus tersebut dioperasionalkan.
    Ia mengatakan, dalam pelaksanaan pengujian kelaikan bus yang dilaksanakan di Terminal Mandalika itu melibatkan sejumlah tim penguji.

         Tim tersebut antara lain dari jajaran Dishubkominfo, tim pemeriksa keselamatan jalan dari Balai Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Denpasar serta kepolisian.
    Kegiatan pemeriksaan bus itu difokuskan pada beberapa hal sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Nomor 12/2015 tentang Kelaikan Sarana Transportasi.
    Dalam instruksi itu disebutkan kelaikan sarana transportasi antara lain, sistem kemudi, rem, ban, lampu kiri/kanan, lampu jauh/dekat dan “wiper”, klakson, dongkrak, fasilitas pemadam kebakaran, P3K, serta kondisi fisik kendaraan.
    Selain itu, berbagai kelengkapan dokumen kendaraan juga tidak kalah penting, sebab hal itu juga sangat penting untuk menjaga keselamatan penumpang.
    “Dari hasil uji kelaikan pada hari pertama Senin (20/6), ada empat bus tidak memenuhi standar kelaikan, sehingga tidak diberikan izin operasional untuk mudik sebelum diperbaiki,” sebutnya.
    Menurutnya, empat bus yang dinilai tidak layak jalan itu karena kondisi ban yang sudah tipis/gundul, lampu mati dan ada yang belum melakukan kir.
    “Laporan hasil uji kelaikan hari ini belum kita terima, tapi laporan secara utuh akan disampaikan pada setelah proses uji kelaikan tuntas yakni pada Jumat (24/6),” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com