• Priyono prajurit TNI jadi pengumpul barang bekas

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Seorang prajurit TNI Angkatan Darat, Sersan Mayor Priyono Widodo yang bertugas di Kodim 0418 Palembang ini sukses bangkit dari keterpurukan, berkat kemauan dan kerja keras menjadi pengumpul dan pengepul barang bekas usai tugas dinasnya sebagai seorang tentara.

    “Sebagai seorang prajurit tak membuat saya malu menjalani profesi sampingan sebagai pengumpul dan pengepul barang bekas seusai tugas kedinasan demi menafkahi keluarga,” kata Priyono di Palembang, Jumat.

    Menurut warga yang tinggal di Kecamatan Borang Palembang ini, sepulang dari dinas bergegas menanggalkan atribut kemiliterannya dan langsung menuju halaman belakang rumah untuk memilah barang bekas telah dikumpulkan.

    Ia mengaku, tidak merasa canggung atau malu menjalani rutinitas kesehariannya di luar kedinasan sebagai militer, meski terkadang segelintir orang di sekitar menghina pekerjaannya.

    Menurut dia, pekerjaan yang dilakoninya ini halal, tidak merugikan orang lain dan memberikan penghidupan bagi enam orang anaknya, setelah istri pertama meninggal dunia pada empat tahun silam.

    “Saya memulai ini sejak tiga tahun lalu mengumpulkan barang bekas dan penghasilannya bisa mencukupi kebutuhan keluarga dan menyekolahkan anak,” katanya.

    Sementara, Sri Sudarini, istri kedua Priyo Widodo mengaku bahwa sangat mendukung apa yang dikerjakan suaminya, meski harus mengumpulkan barang bekas, karena hal terpenting itu halal dan bisa menafkahi keluarga.

    Berkat kesabaran dan kemauan serta kerja keras, usaha yang dijalani Priyono sejak tiga tahun lalu kini menuai sukses, karena semula mengumpulkan sekarang menjadi pengepul atau agen barang bekas.

    Menurut dia, barang bekas itu dibelinya dari tetangga sekitar rumahnya, bahkan komandannya memberikan apresiasi atas kegigihan berjuang menghidupi keluarga tanpa harus meninggalkan tugas sebagai prajurit, serta tetap menjaga nama baik satuan TNI.

    “Saya sangat bangga dengan Priyono, karena dengan begini dapat menjadi contoh bagi anggota lainnya supaya tidak terjerumus kegiatan pelanggaran, seperti menjadi beking ataupun berkecimpung di dunia narkoba serta hal-hal negatif yang merusak citra TNI,” kata Dandim 0418 Palembang, Letkol Inf Ichwansyah menanggapi sosok salah satu anggotanya itu.

    Ia berharap, Serma Priyono Widodo mungkin dapat dijadikan tauladan bagi prajurit TNI lainnya, dimana di tengah himpitan ekonomi yang dialaminya mampu bangkit tanpa harus mengambil jalan pintas dan melakukan tindakan negatif dapat merusak nama baik TNI.

    Bahkan Priyono mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan memberikan contoh positif kepada orang lain dalam menjaga lingkungan, katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com