• PPJP: Pasar Johar Jangan Lebih Dua Lantai

    0

         Semarang, jurnalsumatra.com – Persatuan Pedagang dan Jasa Pasar (PPJP) Kota Semarang mengingatkan bangunan Pasar Johar dalam proses revitalisasi nantinya jangan melebihi dari dua lantai.
    “Idealnya, bangunan Pasar Johar yang direvitalisasi nanti maksimal dua lantai. Belajar dari revitalisasi pasar-pasar sebelumnya,” kata Ketua PPJP Kota Semarang Suwanto di Semarang, Jumat.
    Menurut dia, pengalaman pasar-pasar tradisional yang telah direvitalisasi dengan bangunan 3-4 lantai ternyata justru sepi pembeli dan akhirnya ditinggalkan oleh para pedagang.
    Banyaknya lantai bangunan dikhawatirkan membuat para pembeli enggan atau malas menuju ke lantai atas sehingga para pedagang yang menempati lantai atas malah sepi pembeli.
    “Jadi, maksimal (bangunan Pasar Johar, red.) dua lantai saja. Kalau sampai 3-4 lantai, nanti malah sepi sama seperti para-pasar sebelumnya yang sudah direvitaliasi,” katanya.
    Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang Agus Riyanto mengatakan revitalisasi Pasar Johar sekarang ini sudah memasuki tahapan “kick off” DED (detail engineering design).

         Ia menjelaskan tahapan “kick off” DED itu dilakukan dengan mengundang berbagai pakar di bidangnya untuk dimintai masukan terkait rencana revitalisasi Pasar Johar dari berbagai aspek keilmuan.
    “Kalau masalah (jumlah, red.) lantainya, ya, nanti tergantung teman-teman yang berdiskusi dan saling memberikan masukan berapa lantai. Berbagai pakar kan diundang untuk membahas DED,” katanya.
    Senada dengan itu, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan konsep revitalisasi Pasar Johar kepada tim yang membahas, termasuk akademisi dan ahli di bidangnya.
    “Para pakar diundang untuk membahas mengenai konsep revitalisasi Pasar Johar dalam ‘kick off’ DED. Ini merupakan langkah maju atau akselerasi agar pembangunan Pasar Johar segera tercapai,” katanya.
    Termasuk jumlah lantai bangunan, kata Ita, sapaan akrab Hevearita, nantinya dua konsultan yang dihadirkan akan memaparkan konsep untuk dikolaborasikan dengan para ahli di bidangnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com