• Polresta Banjarmasin Kedepankan Bhabinkamtibmas Cegah Kejahatan

    0

        Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banjarmasin saat ini lebih mengedepankan peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mencegah dan mengantisipasi tindak kejahatan.
    “Peran Bhabinkamtibmas di bulan Ramadhan lebih kepada kegiatan mendekatkan polisi dengan masyarakat, seperti Tarling (Tarawih keliling) ataupun buka bersama di masjid,” kata Kasat Binmas Polresta Banjarmasin Kompol Herry Purwanto Sik di Banjarmasin, Jumat.
    Ia mengatakan dalam kegiatan itu para anggota Bhabinkamtibmas  menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kepada warga, khususnya melalui imbauan-imbauan keamanan.
    Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengakrabkan antara polisi dengan masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kota Banjarmasin.
    Selain itu dengan kegiatan tarawih keliling Bhabinkamtibmas bisa memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri sebagaimana konsep Polmas (Perpolisian Masyarakat) yang telah berjalan sejak tahun 2005.
    Pria lulusan Akpol angkatan 2002 itu mengatakan Polri melalui Bhabinkamtibmas bersama masyarakat berupaya untuk menciptakan keteraturan sosial di kota setempat guna menutup ruang gerak niat dan kesempatan pelaku tindak pidana dalam melancarkan aksinya.

        Bukan itu saja, Bhabinkamtibmas memotivasi masyarakat agar berpartisipasi menciptakan rasa aman di lingkungan masing-masing sebagaimana program prioritas Kapolri, sehingga Polri dan masyarakat bahu membahu untuk menciptakan rasa aman.
    “Untuk itu fungsi Satbinmas Polresta Banjarmasin melalui Bhabinkamtibmas memberikan pelayanan di bidang preemtif dan preventif guna mencegah gangguan Kamtibmas yang muncul ke permukaan,” ucap mantan Kapolsekta Banjarmasin Utara itu.
    Herry juga mengatakan saat ini pemerintah fokus pada pencegahan kejahatan.
    Hal itu dilakukan melihat over kapasitas di Lapas karena adanya peningkatan pelaku tindak pidana di berbagai kota/kabupaten termasuk di Banjarmasin
    Peningkatan pelaku tindak pidana itu disebabkan dari berbagai faktor baik motif sosial, ekonomi dan faktor-faktor lainnya.
    Dikatakannya, melalui peran Bhabinkamtibmas, Polresta Banjarmasin berupaya untuk menekan beberapa bentuk kriminalitas ataupun kejahatan.
    Hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri yang lebih mengedepankan tindakan preventif terhadap ancaman gangguan Kamtibmas melalui sinergitas kemitraan antara Polri, Pemda, TNI dan masyarakat.
    Dengan keberadaan dan peran Bhabinkamtibmas Polresta Banjarmasin dapat menekan angka kriminalitas dan masyarakat dapat hidup sejahtera serta terhindar dari perasaan takut yang mencekam (fear of crime) akibat dari beberapa bentuk tidak pidana yang terjadi di kota seribu sungai itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com