• POLRES Pariaman Gelar Pasukan Operasi Ramadhania 2016

    0

    Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat, melaksanakan gelar pasukan operasi Ramadhania 2016 sebagai persiapan pengamanan lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.
    Kapolres Kota Pariaman, AKBP. Riko Junaldy, di Pariaman, Kamis, mengatakan dalam operasi tersebut pihak kepolisian telah melakukan pengecekan kesiapan seluruh personel termasuk alat kelengkapan yang akan digunakan selama kegiatan tersebut.
    “Kami memprediksi arus mudik akan jauh meningkat dari tahun sebelumnya, karena itu pihak kepolisian juga sudah menyiapkan lima pos keamanan untuk memperlancar lalu lintas,” tambah dia.
    Pihaknya memperkirakan kemacetan akan terjadi di beberapa lokasi seperti Pantai Gandoriah, Pantai Arta Kecamatan Sungai Limau, dan beberapa daerah di Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padangpariaman yang merupakan wilayah hukum polres setempat.
    “Untuk Pasar Sungai Limau memang kita perkirakan terjadi kemacetan karena ada sebagian pedagang yang biasanya menggunakan badan jalan sebagai tempat berjualan, namun rekayasa lalu lintas akan diterapkan,” jelasnya.
    Ia juga menyebutkan terdapat dua lokasi jalan dan jembatan yang belum bisa digunakan secara maksimal karena masih dalam perbaikan. Saat ini dua jembatan yang sedang diperbaiki tersebut yaitu Jembatan Mangguang dan Jembatan Nareh Kecamatan Pariaman Utara.
    Untuk mengantisipasi tindak kejahatan, aparat kepolisian telah menyiapkan personel di pusat keramaian seperti objek wisata yang diangap berpotensi terjadi tindak kriminalitas.
    Pada 2015 pihaknya mencatat setidaknya terjadi enam kasus kecelakan dengan satu korban jiwa meninggal dunia, tiga kasus pencurian sepeda motor, dan beberapa kasus anak kehilangan orang tua selama minggu pertama lebaran.
    Sementara itu Wakil Wali Kota setempat, Genius Umar mengatakan, pemerintah setempat telah melakukan koordinasi serta menginstruksikan kepada instansi terkait dalam rangka persiapan pengamanan lebaran 2016.
    Personel yang dipersiapakan di antaranya 220 aparat kepolisian, 40 personel TNI, 80 Satpol-PP, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) 40 anggota, serta beberapa personel tambahan dari BPBD dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat.
    Terkait persiapan Genius menilai Kota Pariaman siap untuk dilewati dan dilintasi oleh para pemudik dari berbagai daerah tanpa kendala yang terlalu signifikan.
    “Saya pikir arus lalu lintas sudah dipersiapkan dengan baik, termasuk kelengkapan alat sarana dan prasarana semua telah dilakukan pengecekan pada operasi gelar pasukan Ramadhania 2016,” lanjutnya.
    Ia mengimbau seluruh masyarakat dan para pemudik dari berbagai daerah agar selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas serta bersikap sopan santun dalam berkendara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com