• Polisi Sita 26 Ember Tahu Berformalin

    0

    formalinKAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com– Pabrik tahu yang menggunakan cairan formalin, berhasil digerbek jajaran Polres OKI. Polisi berhasil menyita 26 ember berisikan tahu dicampur formalin dan 1 unit mobil pick up Nomor polisi (Nopol) BG 9412 KA.

    Selain mengamankan puluhan kilogram tahu bercampur zat cair formalin, polisi juga mengamankan pemilik pabrik yaitu, Suh (36) warga Jalan Terminal Baru RT 7 Kelurahan Cinta Raja Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Suh juga menjabat sebagai Ketua RT setempat.

    Menurut informasi, Jumat (17/6/2016) pabrik tahu yang tak jauh dari Terminal Tipe A Kayuagung itu, sudah berulang kali diketahui oleh aparat kepolisian bahwa pabrik tahu yang biasa dikelolanya menggunakan zat cair formalin. Tetapi, aparat kepolisian maupun pemerintah tak sepenuh memberikan tindakan yang membuat tersangka jera.

    Kendati berulangkali telah dilakukan peringatan, Suh masih juga melakukan aksi jahat dengan memberikan cairan berbahaya untuk membuat tahu yang dibuatnya lebih tahan lama. Namun, kali ini aparat kepolisian kembali menemukan aksi tersangka Suh mencampurkan tahu dengan cairan formalin.

    “Kita lakukan penyamaran, dan tertangkap tangan sedang mencampur tahunya dengan cairan formalin di dalam ember,” kata Kapolres OKI AKBP Amazona PelamoniaSIk SH didampingi Kanit Pidsus, Jumat (17/6/2016).

    Masih kata AKBP Amazona pabrik tahun ini telah beroperasi sejak empat tahun lalu. Setiap harinya pabrik tersebut menghasilkan 4000 tahu yang dijual ke kawasan OKI. Sementara pemilik usaha yakni Suh, yang juga ketua RT ini dibawa ke Mapolres guna pemeriksaan lebih lanjut. Tersangka dijerat pasal 136 huruf B jopasal 75 ayat 1 huruf UU no.18 tahun 2012 tentang Pangan. Serta pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 huruf a UU No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

    “Kita tahu bahwa formalin merupakan zat berbahaya dan meracuni tubuh. Kita juga akan mengawasi pabrik tahu lainnya, bila menggunakan formalin akan kita grebek,” tutur kapolres yang juga memasang garis polisi tanda dilarang melakukan aktifitas.(RICO)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com