• Polda Kepri Tingkatkan Pengawasan Arus Kepulangan TKI

    0

        Batam, jurnalsumatra.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri meningkatkan pengawasan terhadap kepulangan tenaga kerja Indonesia asal Malaysia menjelang Lebaran karena rawan dimanfaatkan jaringan narkoba internasional untuk menyelundupkan sabu ke Indonesia.
    “Kami bekerjasama dengan BNN dan instansi lain terus meningkatkan pengawasan pada jalur-jalur masuk TKI agar jika ada upaya penyelundupan narkoba bisa digagalkan,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kepri Kombes Pol Jamaludin di Batam, Kamis.
    Ia mengatakan, sering kali TKI yang hendak pulang ke Indonesia dititipi narkoba khususnya sabu baik untuk diedarkan di Batam maupun dibawa ke daerah lain di Indonesia.
    “Rata-rata mereka dijadikan kurir oleh jaringan internsionl. Modusnya dengan menitipkan barang itu kemudian ada yang menjemputnya. Ini harus diwaspadai mengingat intensitas kepulangan TKI meningkat,” kata dia.

        Sebelumnya pada Senin (13/6) malam, Polsek Nongsa Batam berhasil menggaggalkan penyelundupan 1,886 kilogram sabu yang dibawa oleh TKI dan baru saja tiba di pelabuhan tidak resmi kawasan Pantai Nongsa Batam.
    Kawasan tersebut selama ini sering dimanfatkan sebagi pintu keluar masuk TKI ilegal dari Malaysia mengingat jaraknya yang relatif dekat.
    “Peningkatan pengamanan juga akan dilakukan pada jalur-jalur lain yang biasa dimanfatkan untuk jalur pengiriman narkoba asal Malaysi ke Batam. Jangan sampai kesempatan ini menjadikan jaringan internasional leluasa mengirimkan barang ke Indonesia,” kata Jamaludin.
    Sebelumnya Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri juga mengungkp jaringan narkona di Belakangpadang dengan barang bukti lebih dari empat kilogram sabu.
    Jaringan tersebut juga mendapatkan sabu asal Malaysia dengan cara bertransaksi dengan kapal pada perairan internasional antara dua negara.
    Saat ini, BNN juga tengah mengembangkan kasus tersebut mengingat pelaku lain yang masih buron diyakini masih menyembunyikan narkoba dalam jumlah besar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com