• PMI Upayakan Jaga Persediaan Darah Saat Lebaran

    0

        Yogyakarta, jurnalsumatra.com – PMI Kota Yogyakarta akan mengambil berbagai upaya untuk mengantisipasi berkurang atau tidak adanya persediaan darah saat lebaran guna menjaga pelayanan kepada masyarakat.
    “Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, stok darah kosong terjadi mulai H+5 hingga H+20 lebaran karena banyak pendonor yang disibukkan dengan berbagai kegiatan lebaran,” kata Koordinator Unit Tranfusi Darah PMI Kota Yogyakarta Nur Edi Hidayatullah di Yogyakarta, Senin.
    Oleh karena itu, lanjut dia, PMI Kota Yogyakarta perlu melakukan tindakan antisipasi dengan meminta lebih banyak warga atau pendonor rutin untuk mendonorkan darahnya pada awal Juli.
    Selain itu, PMI Kota Yogyakarta akan mengintensifkan kegiatan donor darah massal di sejumlah tempat ibadah sesuai sholat tarawih guna menambah persediaan darah selama lebaran.

        “Pada hari H lebaran, kebutuhan darah memang tidak terlalu banyak. Namun, permintaan akan mulai meningkat pada H+7 lebaran,” katanya.
    Peningkatan kebutuhan darah tersebut dipicu banyak pasien yang mulai menjadwalkan kegiatan cuci darah dan pelaksanaan operasi yang sebelumnya ditunda karena ingin menjalani lebaran.
    “Untuk pasien gagal ginjal, mereka biasanya memajukan jadwal cuci darah sebelum lebaran dan kemudian menjalani cuci darah lagi setelah lebaran. Ini yang membuat permintaan darah meningkat pada H+7 lebaran,” katanya.
    Sementara itu, persediaan darah di PMI Kota Yogyakarta pada pertengahan bulan puasa tercatat sebanyak 44 kantong “whole blood” untuk golongan darah A, golongan darah B delapan kantong, golongan darah O sebanyak 201 kantong dan golongan darah AB sebanyak 41 kantong.
    “Pada hari ini, kami sudah mengirimkan sekitar 200 kantong darah ke PMI lain yang membutuhkan,” katanya.
    Rata-rata kebutuhan darah setiap hari di PMI Kota Yogyakarta mencapai sekitar 100 kantong.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com