• PIK-R Madiun Wakili JATIM Di Tingkat Nasional

    0

    Madiun, jurnalsumatra.com – Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja berbasis masyarakat Kota Madiun (PIK-R) Jendela Remaja berhasil mewakili Provinsi Jawa Timur untuk maju lomba tingkat nasional, setelah mengalahkan PIK-R lainnya dari kota/kabupaten se-Jatim.
    “Di tingkat provinsi PIK-R Kota Madiun Jendela Remaja paling unggul dari tiga besar dan mengalahkan PIK-R Bina Mandiri dari Kabupaten Bondowoso dan PIK-R Galaxy dari Sumenep. Kini kami masuk evaluasi lapangan untuk tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Timur,” ujar Kepala Subbidang Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Keluarga Berencana, dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Sri Hartutik, Jumat.
    Menurut dia, di Madiun, di tingkat nasional PIK-R Kota Madiun Jendela Remaja akan bersaing dengan empat perwakilan provinsi lain yang masuk dalam lima besar. Yakni, PIK-R Palapa dari Kalimantan Timur, PIK-R Semarak dari Daerah Istimewa Yogyakarta, PIK-R Gress dari Jawa Tengah, dan PIK-R Alhidayah dari Nusa Tenggara Barat.
    Terdapat beberapa indikator yang dilihat dalam evaluasi lapangan oleh tim evaluasi tingkat nasional. Di antaranya adalah kerapian administrasi, kerutinan kegiatan, dan ketrampilan atau “life skill” yang dimiliki oleh para anggota.
    “Kami berharap PIK-R Jendela Remaja dari Kota Madiun bisa menang. Kami yakin mampu seiring dengan semangat para remaja yang menjadi anggotanya,” imbuh Sri.
    Adapun, PIK-R Jendela Remaja dibentuk pada tahun 2010 dengan SK Nomor 476/09/406/2010. Seiring perkembangan waktu, kepengurusan baru di tahun 2016 telah dilantik dengan SK baru nomor 476/074/401.201/2016.
    Anggota dan kepengurusannya adalah para remaja Kota Madiun yang berusia sekolah tingkat SMP hingga mahasiswa. Fokus utama kegiatannya adalah menyosialisasikan pesan-pesan bebas narkoba, tidak melakukan pergaulan bebas, dan mencegah pernikahan dini ke sekolah-sekolah dan seluruh anak remaja di Kota Madiun melalui kegiatan “car free day” dan lainnya.
    “Ada juga kegiatan konseling antaranggota dan layanan konseling bagi semua anak remaja di Kota Madiun yang membutuhkan. Juga pelatihan ketrampilan wirausaha dengan menggandeng organisasi dan pelaku usaha yang telah ditunjuk,” tutur Sri Hartutik.
    Ia menambahkan, peran PIK sangat strategis dalam mewujudkan generasi berencana. Keberadaan PIK-R sangat penting dalam menyiapkan para remaja sebagai calon pasangan usia subur (PUS) sekaligus generasi berencana penerus bangsa yang berkualitas, berketahanan, mandiri, dan memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional, maupun global.
    Selain sosialisasi tentang bebas narkoba, mencegah pergaulan bebas, dan pernikahan dini, pesan yang terus digaungkan oleh PIK-R adalah pencegahan HIV/AIDS.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com