• Petani Mukomuko Belajar Budidaya Jagung

    0

         Mukomuko, jurnalsumatra.com – Sejumlah petani di Desa Pasar Ipuh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mempelajari budi daya tanaman jagung di areal persawahan seluas 11 hektare yang baru selesai panen raya padi.
    “Baru pertama kali petani di desa ini menanam jagung di areal persawahannya untuk menambah pendapatannya,” kata Sekretaris Desa Pasar Ipuh Muchtarudin di Mukomuko, Senin.
    Ia menyebutkan baru sebanyak enam orang petani di wilayah itu yang mencoba belajar budidaya tanaman jagung di areal persawahannya seluas 11 hektare.
    Petani-petani tersebut berhasil menanam jagung di 10 hektare lahan sedangkan, tanaman jagung di lahan seluas satu hektare tidak bisa tumbuh akibat tergenang banjir rob atau pasang air laut yang naik ke daratan.
    “Tanaman itu tidak tumbuh diduga pengaruh air garam yang terlalu lama menggenangi tanaman tersebut,” ujarnya.

         Ia berharap air laut yang menggenangi areal persawahan di wilayah itu cepat surut agar tanaman jagung itu bisa tumbuh sampai panen.
    Muchtarudin mengatakan petani lain di wilayah itu sangat berharap tanaman jagung yang ditanam oleh enam petani bisa menghasilkan sehingga dapat diikuti oleh petani lainnya.
    “Kalau berhasil banyak petani yang mau berlajar menanam tanaman jagung. Sambil menunggu musim tanam padi selanjutnya,” ujarnya lagi.
    Muchtarudin berharap adanya bantuan benih jagung dari pemerintah setempat dan pembinaan cara budidaya jagung yang benar karena petani setempat masih awam mengenai tanaman tersebut.
    Kabid Pertanian Dinas Pertanian Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman mengungkapkan bahwa ada bantuan benih jagung untuk petani yang selesai panen raya.
    Bantuan benih jagung tersebut dibagikan kepada petani pada saat jadwal pengeringan air air irigasi sekitar bulan Agustus.
    “Kita sudah ada calon penerima dan calon lokasi (CPCL). Bagi petani yang membutuhkan bisa mengusulkan ke dinas ini,” ujarnya lagi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com