• Perpustakaan Pagaralam Ingin Mecerdaskan Anak Bangsa

    0

    perpustakaanPagaralam, jurnalsumatra.com – Meningkatkan layanan, dan minat baca masyarakat Pagaralam, Badan Perpustakaan Umum Daerah, Arsip dan Dukumentasi, mengoptimalkan fasilitas dan  perpustakaan keling, agar taget 2016  menembus angka 30.000 pengunjung.  Demikian diungkapkan Kepala Badan Perpustakaan Umum Daerah, Arsip dan Dukumentasi Suparman Sulaiman didampingi. Kabid Pelayanan dan Kerjasama, Kholina Fakta, Kamis  (2/6).
    Menurut Suparman, promosi dilakukan baik dengan berbagai kegiatan seperti lomba pustaka antar kelurhan, pameraan besemh Ekspo dan termasuk meningkatkan kujungan melalui mobil Perpustakaan keliling untuk daerah terpencil.
    “Perpustakaan ingin meningkatkan  minat baca dan kecerdasan, masyaakat Pagaralam, melalui program kujungan,” ujar dia.
    Dia mengatakan, sesuai dengan visi dan misi meningkatkan kualitas serta kompetensi sumber daya manusia dibidang perpustakaan dan kearsiapan, tentunya perlu memperbanyak  koleksi buku di perpustakaan.
    “Kita sudah sediakan sekitar 12.312 judul buku dalam berbagai bidang pengetahuan seperti pendidikan, pengetahuan umum, pertanian, hukum dan termasuk buku refrensi,” ujar dia.
    Dia mengatakan, Jumlah pengunjung juga mengalami peningkatam tahun 2015 sebanyak 2.455 dan tahun 2016 sekitar 4043 orang per bulanya, sedangkan koleksi buku juga semakin ditingkatkan.
    Ditambahkan, Khorlina, kemudian untuk memenuhi pembaca sudah tersedia 128 perpustakaan sekolah, 4 perpustakaan perguruan tinggi, 13 perpustakaan rumah ibadah dan 23 perpustakaan kelurahan.
    “Kita memang menargetkan 30.000 per tahun,  pengujung Perpustakaan, sehingga meningkat dari tahun 2015 sebanyak 28.000 dan 18.000 untuk tahun 2014,” ujar dia.
    Dia menguraikan, peningkatkan pembaca tentunya bisa tercapai target karena hingga 2016 baru sekitar 30 persen minat baca di Pagaralam.
    “Kemudiam ada  tiga kelurahan yang penilaian kami menjadi terbaik dari 23 perpustakaan yaitu Kelurahan Bangun Rejo juara satu, Kelurahan Ulu Rurah keua dam Kelurahan  Tumbak Ulas  ketiga, semuanya kita berikan  hadiah, ” ungka dia.
    Menurur dia, penilaian perpustakaan ini dilakukan secara diam-diam tampa pemberitahuan sehingga tidak ada kesan penilaian karena ada faktor kedekatan.
    “Ada 23 kelurahan dari 35 kelurahan yang sudah memiliki perpustaan dan tiga diantara jumlah itu memiliki katagori terbik,” ujar dia.
    Namun demikian, kata  Kholina, jumlah buku refrensi cukup banyak untuk memenuhi keinginan masyarakat Pagaralam, termasuk yang di promosikan pameran Besemah Ekspo tahun 2016 di Alun-alun Utara Kota Pagaralsm. (Asa)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com