• Permana : Pengendalian Pangan Perlu Dukungan

    0

    permanaPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pengendalian bahan pangan menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi  Sumsel Hanya saja perlu dukungan dari masing-masing instansi dan pihak terkait.

    Menurut Kepala Disperindag Sumsel, Permana mengatakan agar setiap Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di masing-masing Kabupaten/Kota lebih memberdayakan timnya.

    Ketahanan Pangan dan Disperindag kabupaten/kota harus setiap hari mengontrol pergerakan harga sembako,”jelasnya, Selasa (28/6).

    Lanjut Permana, perlu adanya laporan setiap hari dari hasil pantauan di pasar. Kepala Pasar di masing-masing daerah mempunyai peran besar dalam hal ini. Seperti, kepala pasar di DKI Jakarta, bisa order bahan pokok jika memang diperlukan dan kurang di pasar.

    Ia menambahkan, wewenangnya sudah sebegitu jauhnya, sehingga yang dijual di pasar ada yang kurang akan langsung dilaporkan ke Disperindag. “Dulu, tahun 2014 TPID Sumsel terbaik, namun kini di Sumatera saja kita dibawah Sumatera Utara dan Sumatera Barat,”tegasnya”

    Tingkat inflasi Sumsel, khusus Mei jelang Ramadan sebesar 0,63 persen diatas angka nasional 0,4 persen. Angka ini menjadi perhatian, karena banyak perbaikan yang akan dilakukan dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TPID.

    Sejumlah komoditas pangan tak terduga mengalami kenaikan tinggi sebagai penyumbang inflasi, yakni telur ayam, gula pasir, kentang dan wortel. Kenaikan komoditas ini juga terpantau pada minggu pertama hingga minggu ketiga Ramadan”ujarnya(Rn)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com