• Perancis Lirik Kota Palembang

    0

    20150503Kepadatan_Penduduk_Kota_Palembang_Nova_Wahyudi_1Palembang, jurnalsumatra.com – Sebagai tuan rumah Asian Games yang akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang, geliat pembagunan di Kota Palembang yang bersumber dari investor dalam dan luar negeri terus bertambah, kali ini investor asal Perancis menawarkan diri siap bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang.

    Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Palembang, Hardayani mengatakan, yang dimaksud dengan Perancis dalam hal ini bukanlah satu negara utuh. Melainkan ada beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

    “Perancis ingin menawarkan kerjasama di bidang smart city, termasuk fasilitas air bersih dan suvenir. Sebab kota ini sebagai tuan rumah Asian Games sudah terekspos ke negara sana,”kata hardayani, usai menghadiri pertemuan Kedutaan Perancis untuk Indonesia dengan pihak Pemkot Palembang, kemarin (21/6).

    Menurut Hardayani, pertemuan ini merupakan kunjungan awal pihak kedutaan untuk mencari informasi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan Palembang. Pemkot Palembang akan diundang dalam seminar pemaparan dari perusahaan-perusahaan dari Perancis yang direkomendasikan kedutaan pada September mendatang.

    Perusahaan-perusahaan tersebut akan membantu proyek pembangunan terkait teknologi dan barang serta jasa. Diakuinya memang ada 200 perusahaan yang ada di indonesia, tapi belum ada yang merealisasikannya.

    “Kita tentu sambut baik tawaran ini karena bisa sharing teknologi dan dana. Belum tahu nanti dalam bentuk bantuan atau investasi,”ujar dia.

    Dilanjutkan Hardayani, Palembang berharap kerjasama ke depan bisa berlanjut dengan murni pemberian hibah, baik dalam bentuk teknologi ataupun fisik. Sebab selama ini penjajakan kerjasama dari negara lain untuk program smart city di Palembang kebanyakan tidak berlanjut.

    “Beberapa ada yang berlanjut, seperti pengurangan timbunan sampah oleh Jepang untuk membangun insenator,”jelasnya.

    Managing Direktur Kedutaan Perancis untuk Indonesia, Jean Philippe Arvert mengatakan, negaranya tertarik untuk bekerjasama dalam pembangunan di Palembang terutama yang berkaitan dengan Asian Games.

    Pihaknya percaya diri mengajukan diri karena sudah berpengalaman dalam event olahraga internasional, seperti moto GP.      “Kami bisa bantu dalam fasilitas suplai air bersih, lingkungan, dan transportasi. Tapi, kami akuipersiapan Palembang sendiri sudah cukup baik sebagai tuan rumah Asian Games,”tukasnya.

    Dikatakan Jean, geliat pembagunan di Palembang sangat pesat, untuk itu Palembang salah satu kota yang paling maju dan berkembang dibandingkan kota lainnya yang ada di Indonesia, traportasi publik dan infrastruktur sudah sangat memadai.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com