• Pengelola Pelabuhan Lembar Perketat Pengisian Manifes Penumpang

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Pengelola Pelabuhan Penyeberangan  Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan PT ASDP Indonesian Ferry, mulai memperketat  pengisian manifes penumpang kapal.
    Kepala Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar Andi Fiardi di Mataram, Selasa mengatakan, akan bersikap tegas untuk menerapkan kewajiban pengisian dan pelaporan data manifes penumpang dari Pelabuhan Lembar, Lombok ke Pelabuhan Padangbai, Bali.
    “Bagi penumpang yang tidak bertiket diharapkan  tidak lagi naik kapal. Penumpang harus terdaftar dalam setiap waktu penyeberangan,” kata Andi Fiardi di Mataram, Selasa.
    Andi menegaskan, OPP Lembar akan menindak perusahaan kapal penyeberangan yang tidak mengisi dan tidak melaporkan manifes penumpang.

         Menurut dia,  manifes telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 25 tahun 2016 tentang Daftar Penumpang dan Kendaraan Angkutan Penyeberangan.
    “Karenanya sebelum berangkat, perusahaan pelayaran akan dimintai manifesnya. Kalau tidak sesuai aturan, akan ada sanksi,” tegasnya.
    Manifes penumpang merupakan tanggung jawab dari operator pelayaran dalam hal ini perusahaan penyeberangan. Sedangkan, untuk pengawasan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak PT ASDP Indonesian Ferry cabang Lembar.
    Sementara GM PT ASDP Indonesian Ferry cabang Lembar, Anton Murdianto yang didampingi Humas PT ASDP Indonesian Ferry cabang Lembar Denny Nurdiana menjelaskan, peraturan manifes penumpang  sudah ada sejak dulu dilakukan. Hanya, saat ini diberlakukan lebih tegas.
    “Mengenai manifes penumpang sudah sejak lama kita lakukan. Kalaupun penerapan sanksi sekarang lebih tegas,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com