• PEMPROV DKI Tindak Tegas Pedagang Makanan Berbahaya

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan akan menindak tegas para pedagang makanan yang terbukti menjual makanan yang mengandung zat-zat berbahaya.
    “Sebelumnya, kalau ada pedagang yang jual makanan berbahaya kan hanya kami kasih peringatan saja. Sekarang, kami akan tindak tegas,” kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.
    Kali ini, menurut dia, selama berlangsungnya pemeriksaan makanan, pihaknya juga akan membawa formulir yang harus diisi oleh pedagang yang terbukti menjual makanan berbahaya.
    “Sekarang, kami sudah siapkan formulir. Jadi, ketika kami melakukan pemeriksaan dan ada pedagang yang menjual makanan berbahaya, pedagang bisa pilih, mau kami gugat atau kami sita dagangannya, isi di formulir itu,” ujar Basuki.
    Dia menuturkan apabila pedagang memilih untuk disita dagangannya, maka pihaknya akan langsung memusnahkan makanan yang yang mengandung zat berbahaya tersebut.
    “Kalau memilih disita, kami akan langsung musnahkan makanannya, kemudian kami ajari cara menjual makanan yang baik. Tapi kalau tidak mau disita, kami akan laporkan ke polisi, kami gugat,” tutur Basuki.
    Sementara itu, dia mengungkapkan dengan pemeriksaan yang digelar secara rutin, makanan-makanan yang mengandung zat berbahaya di wilayah ibukota saat ini sudah mulai berkurang.
    “Sekarang sudah banyak makanan yang baik. Bahkan beberapa pedagang sudah mendapatkan sertifikat dari Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM), misalnya pedagang di Lenggang Jakarta, Monas,” ungkap Basuki.
    Lebih lanjut, dia pun berharap kedepannya akan semakin banyak pedagang yang memiliki sertifikat BPOM, sehingga makanan yang dijualnya tidak membahayakan kesehatan orang banyak.  (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com