• PEMKOT Yogyakarta Pastikan Berkomunikasi Dengan KAI

    0

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Yogyakarta menyatakan segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta terkait rencana penataan sisi selatan Stasiun Tugu.
    “Saya akan segera berbicara dengan PT KAI terkait rencana itu,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Rabu.
    PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta berencana melakukan penataan di sisi selatan Stasiun Tugu atau di Jalan Pasar Kembang. Penataan tersebut berdampak pada 85 pedagang yang ada di sisi selatan Stasiun Tugu karena harus meninggalkan lokasi yang selama ini ditempati untuk berjualan.
    Menurut Haryadi, rencana dari PT KAI Daerah Operasi VI tersebut perlu disosialisasikan dengan lebih baik kepada seluruh elemen masyarakat yang nantinya terdampak agar tidak menimbulkan keresahan.
    “Semangat yang diusung bukan penggusuran tetapi penataan. Itu yang perlu diperhatikan,” katanya yang menyebut bahwa pedagang yang berada di lokasi penataan stasiun seluruhnya memiliki kartu bukti pedagang Pasar Kembang yang dikeluarkan Dinas Pengelolaan Pasar.
    Haryadi menyebut, pedagang yang berada di sisi selatan Stasiun Tugu sudah memenuhi kewajibannya membayar retribusi pedagang secara rutin, sehingga pemerintah perlu memberikan hak mereka, salah satunya dengan pemberdayaan.
    “Perlu kami kaji lagi mengenai bentuk pemberdayaan yang tepat kepada pedagang yang terdampak penataan,” katanya.
    Sementara itu, Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Yogyakarta Supriyanto Untung berharap agar PT KAI Daerah Operasi VI dan Pemerintah Kota Yogyakarta bisa duduk bersama membahas permasalahan tersebut.
    “Apalagi, pedagang yang ada di sana sudah memiliki kartu bukti pedagang. Jangan sampai muncul kebijakan yang meresahkan dan hanya sepihak saja,” katanya.
    Sebelumnya, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budianto mengatakan sudah melakukan sosialisasi kepada pedagang di sisi selatan Stasiun Tugu.
    “Mereka menempati aset PT KAI. Kami pun ingin menata stasiun agar nyaman terutama untuk pejalan kaki, sekaligus menampakkan wajah Stasiun Tugu dari sisi selatan,” kata Eko.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com