• Pemkab Tangerang Targetkan 1.000 Taman Bacaan

    0

         Tangerang, jurnalsumatra.com – Aparat Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menargetkan pembangunan sebanyak 1.000 taman bacaan yang tersebar pada 29 kecamatan hingga tahun 2018.
    “Tujuannya adalah agar mendorong minat baca buku bagi warga yang selama ini tergolong rendah,” kata Kepala Perpustakaan Daerah Pemkab Tangerang Yusrizal di Tangerang, Sabtu.
    Yusrizal mengatakan, minat baca buku perlu ditingkatkan karena berpengaruh terhadap Indek Perkembangan Manusia (IPM) setempat.
    Menurut dia, bila dibandingkan dengan daerah lainnya di Jabotabek dan sekitarnya bahwa minat baca buku penduduk setempat sangat tertinggal.
    Hal itu disebabkan minat baca belum menjadi suatu kebutuhan sehingga perlu didukung berupa pembangunan sarana maupun prasarana memadai.
    Bila perlu, katanya, tiap desa atau kelurahan memiliki empat sampai lima taman bacaan sehingga anak-anak berminat mengunjungi taman itu.

         Selama ini, taman bacaan masih kurang dan hanya ada pada kecamatan tertentu seperti di Cikupa, Balaraja, Panongan, Kosambi dan Curug.
    Namun membangun taman bacaan tersebut dalam rangka pengenalan literasi dengan harapan dapat menumbuhkan minat mereka terutama dari kalangan anak-anak maupun generasi muda.
    Saat ini, generasi muda era digital lebih sedang dengan kebiasaan melihat atau menonton televisi dan membuka layar ponsel dan komputer.
    Sebelumnya, Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang, menggandeng Universitas Tirtayasa (Untirta) dalam mencetak karya para ulama di Banten sebagai literasi untuk dapat dibaca oleh masyarakat.
    Sedangkan program itu digagas sejak tahun 2015 tapi tersendat karena tidak ada pihak ketiga yang bersedia untuk membantu.
    Yusrizal mengatakan, saat ini percetakan itu dapat dilaksanakan karena Untirta sebagai perguruan tinggi negeri di Banten telah bersedia untuk diajak kerja sama.
    Dia menambahkan program percetakan tersebut untuk memperkenalkan tradisi dalam membaca dan menulis yang lekat dengan ulama kepada generasi muda.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com