• Pemkab Tangerang-Kemensos Pulangkan Mantan PSK Dadap

    0

         Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang menggandeng Kementerian Sosial memulangkan 95 orang mantan pekerja seks komersial di kawasan lokalisasi Dadap Kecamatan Kosambi.
    “Pemerintah terus berupaya mengubah Indonesia bebas eksploitasi wanita termasuk pemulangan dan pemberian dana kepada mantan PSK Dadap,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
    Mensos menyalurkan dana sosial sebesar Rp479 juta untuk biaya pemulangan dan pemberdayaan mantan PSK Dadap menuju kampung halamannya.
    Khofifah menekankan dana sosial tersebut dibutuhkan wanita yang pernah menjadi korban eksploitasi itu untuk menata hidup dan modal perekonomian keluarga.
    Kemensos menargetkan Indonesia bebas prostitusi pada 2019, tercatat 101 lokalisasi di sekitar Jawa Timur, Jambi, Kalimantan telah ditutup namun 67 lokalisasi masih beroperasi.

         Khofifah meminta pemerintah daerah terlibat dan menyusun program untuk menangani praktik prostitusi dan pemberantasan eksploitasi kaum wanita yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit menular.
    Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mendukung Kemensos yang memberdayakan program alih profesi untuk kemandirian mantan PSK di Dadap.
    “Penanganan prostitusi menjadi tanggung jawab bersama agar para mantan PSK Dadap menjalani hidup lebih baik,” tutur Zaki.
    Zaki juga menjelaskan Pemkab Tangerang merancang penataan kawasan Dadap menjadi pusat kegiatan keagamaan dan kuliner.
    Bupati mengaku beberapa bisnis prostitusi masih beroperasi di wilayah Kabupaten Tangerang Banten, namun pemerintah setempat komitmen menertibkan kawasan lokalisasi.
    Zaki mengungkapkan pertumbuhan virus HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang meningkat hingga 42 persen yang diakibatkan keberadaan lokalisasi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com