• PEMKAB Solok Selatan Didesak Percepat Pengerjaan Fisik

    0

    Padang Aro, Sumbar, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Ali Sabri Abas mendesak pemerintah setempat untuk mempercepat proses pengerjaan fisik sehingga masyarakat segera merasakan manfaatnya.
    “Awal Ramadhan seharusnya sudah mulai melakukan pekerjaan fisik sehingga masyarakat bisa bekerja dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat setempat,” katanya di Padang Aro, Jumat.
    Menurut dia, dengan terlambatnya pengerjaan fisik maka realisasi anggaran juga melambat dan masyarakat tidak secepatnya merasakan manfaatnya.
    Oleh sebab

    itu, ujarnya, bagi proyek yang sudah selesai tender dan tandatangan kontrak harus segera laksanakan.
    Sekarang ini, menurutnya, pemerintah seperti takut untuk mencairkan dana karena khawatir akan tersangkut kasus hukum atau kesalahan.
    “Setidaknya Rp600 miliar APBD mengendap di rekening daerah sehingga tidak ada manfaatnya,” lanjutnya.
    Ia menjelaskan, apabila sekarang dana yang mengendap tersebut dicairkan dan pekerjaan fisik dilaksanakan maka toko bangunan akan bertransaksi dan warga bisa bekerja.
    Setiap toko bangunan, sebutnya, memiliki karyawan sehingga bukan hanya pemiliknya yang merasakan manfaat tetapi juga karyawannya begitu juga dengan masyarakat umum.
    “Sebentar lagi kan juga akan lebaran pasti masyarakat membutuhkan dana untuk berbagai keperluan dan apabila mereka tidak bekerja maka sulit untuk memenuhinya,” katanya.
    Sementara itu Kepala Sub Bagian Administrasi dan Pembangunan Bagian Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Solok Selatan, M Yudi menerangkan, hingga saat ini sebanyak 107 paket proyek sudah dan sedang tender.
    “Sekarang 44 paket sudah tandatangan kontrak dengan nilai Rp81 miliar dari total 107 paket yang terdaftar dengan pagu dana Rp175 miliar,” ujarnya.
    Untuk proses tandatangan kontrak katanya, dilakukan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.
    “Yang telah selesai kontrak seharusnya telah bisa melakukan pekerjaan dan itu tergantung dinas terkait,” tambahnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com