• PEMKAB Serdang Bedagai Monitoring Harga Sembako

    0

    Seirampah, Sumut, jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, melakukan monitoring terhadap harga sembako di sejumlah pasar tradisional yang ada di daerah itu.
    “Itu kita lakukan untuk mengetahui stabilitas harga mau pun stok persediaan sembako dan bahan pangan konsumsi lainnya di pasar dan toko-toko menjelang Ramadhan,” kata Bupati Serdang Bedagai Soekirman di Seirampah, Sabtu.
    Ia mengatakan, dari hasil pemantauan yang dilakukan, diketahui bahwa persediaan sembako menghadapi bulan Ramadhan di daerah itu dinilai cukup dan tidak mengalami masalah.
    Disamping itu, juga kenaikan harga yang terjadi di pasar masih dalam ambang batas wajar walau dalam beberapa komoditi mengalami kenaikan, tetapi masih dikatakan normal dan kondisinya terkendali.
    “Saya juga sudah menginstruksikan instansi terkait untuk melakukan upaya agar harga sembako tetap stabil serta selalu memonitoring persediaan sembako yang ada di pasar cukup sampai menjelang Lebaran nanti,” katanya.
    Dari peninjauan yang dilakukan di Pasar Tradisional Pekan Tanjung Beringin, harga sembako seperti beras IR Rp 10.000 per kg, tepung terigu Rp8.000 per kg, gula pasir Rp15.000 per kg, minyak goreng curah Rp11.000 per liter, dan telur ayam Rp1.200 per butir.
    Kemudian kacang kedelai Rp10.000 per kg, daging kambing Rp80.000 per kg, daging ayam Rp32.000 per kg, sementara untuk harga teri nasi harganya bervariasi mulai dari Rp70.000 hingga Rp80.000 per kg.
    Sedangkan untuk daging sapi Rp110.000 per kg atau mengalami kenaikan sekitar Rp20.000-Rp30.000 per kg dari harga sebelumnya.
    Menurut Ahmad, salah seorang pedagang daging di Pasar Tradisional Pekan Tanjung Beringin, naiknya harga daging lebih disebabkan pasokan didatangkan dari luar daerah yang tentunya menelan biaya transportasi yang cukup besar.
    “Rata-rata memang daging sapi didatangkan dari luar yang tentunya juga akan kena biaya transport,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com