• PEMKAB Pamekasan Lakukan Pengeboran Di 38 Titik

    0

    Pamekasan, jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur tahun ini melakukan pengeboran di 38 titik di wilayah itu, guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.
    Menurut Bupati Pamekasan Achmad Syafii, pengeboran diperioritas pada wilayah kecamatan yang rawan kekeringan dan kekurangan air bersih saat kemarau.
    “Saat ini, proses pelaksanaan proyek pengeboran tersebut mulai digelar oleh dinas terkait, dan kami harapkan kedepan jumlah desa-desa yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih saat kemarau bisa berkurang,” katanya di Pamekasan, Jumat.
    Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan mencatat, jumlah dusun yang mengalami kekeringan pada kemarau tahun lalu sebanyak 299 dusun, tersebar di 99 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.
    Dari sebanyak 299 dusun yang mengalami kekeringan itu, sebanyak 166 dusun mengalami kering kritis, dan sebanyak 133 dusun mengalami kering langka.
    Untuk menanggulangi bencana kekeringan saat kemarau itu, pemkab melalui BPBD Pamekasan terpaksa melakukan pendistribusian air bersih.
    “Dengan adanya bantuan pengeboran di beberapa lokasi yang biasa mengalami kekeringan itu, minimal nantinya akan mengurangi distribusi bantuan air bersih,” ucapnya.
    Menurut bupati, pengeboran yang dilakukan Pemkab Pamekasan ini merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi bencana kekeringan saat kemarau.
    Selain melakukan pengeboran, pemkab melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pamekasan juga telah membangun instalasi pengolahan air di Desa Samiran, Kecamatan Proppo, Pamekasan.
    Teknologi itu yang bisa memfilter air kotor dari aliran dam Samiran menjadi air bersih layak konsumsi itu, nantinya akan memenuhi kebutuhan air bersih masyaralat di empat kecamatan, yakni Kecamatan Proppo, Pamekasan, Kecamatan Tlanakan dan Kecamatan Pademawu.
    Upaya mengurangi bencana kekeringan dengan penyediaan air bersih ini merupakan satu dari tujuh program aksi yang dicanangkan Bupati Pamekasan Achmad Syafii.
    Program aksi lainnya yang dilakukan mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini, meningkatkan alokasi dana desa, serta kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com