• Pemkab Nunukan Tetapkan Tetaban Desa Bebas Narkoba

    0

        Nunukan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menetapkan Desa Tetaban sebagai desa bebas narkoba setelah melalui berbagai survei yang dilakukan jajaran TNI dan kepolisian.
    “Setelah melalui serangkaian survei oleh jajaran Kodim 0911/Nunukan dan aparat penegak hukum yang lain, Desa Tetaban di Kecamatan Sebuku akhirnya ditetapkan sebagai desa bebas narkoba di wilayah daratan Kabupaten Nunukan,” ujar Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad di Nunukan, Selasa (28/6) dalam Safari Ramadhan 1437 Hijriah.
    Pencanangan desa tersebut sebagai desa bebas narkoba ditandai dengan pembacaan ikrar oleh Kepala Desa Tetaban Jhony disaksikan Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad, Dandim 0911/Nunukan Letkol Inf Valian Witjaksono, Kapolres Nunukan AKBP Pasma Royce, Danlanal Nunukan Letkol Laut Hreesang Wisanggeni, Dansatgas Pamtas Yonif 614/Raja Pandhita Letkol Inf Rudi Setiawan bersama ratusan masyarakat yang menolak segala bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Balai Adat Desa Tetaban.
    Dandim 0911 Nunukan Letkol Inf Valian Witjaksono mengajak seluruh masyarakat Desa Tetaban untuk menjaga status desa antinarkoba dengan cara mencegah agar tidak ada peredaran narkoba di wilayahnya.
    “Jangan sampai hari ini dicanangkan, tetapi besoknya sudah ada yang tertangkap polisi karena menggunakan narkoba,” katanya.

         Ia mengatakan pencanangan desa bebas narkoba merupakan salah satu cara membangkitkan kesadaran kolektif akan bahaya narkoba bagi masyarakat dan Bangsa Indonesia secara keseluruhan.
    Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad mengatakan maraknya peredaran narkoba, khususnya di kalangan generasi muda, merupakan ancaman terhadap kedaulatan bangsa dan negara.
    “Secara ekonomi dan politik negara kita cukup kuat, sangat sulit dihancurkan oleh negara lain. Makanya mereka menggunakan cara lain untuk menghancurkan NKRI melalui narkoba melalui penghancuran terhadap generasi muda,” katanya.
    Ia menjelaskan masyarakat harus terus diberikan edukasi dan motivasi untuk tetap konsisten melawan segala macam bentuk penyalahgunaan narkoba.
    “Jangan coba-coba menyentuh narkoba. Ingat ini bukan tren tetapi pembusukan terhadap anak-anak, generasi penerus kita,” katanya.
    Pencanangan desa bebas narkoba tersebut juga diisi dengan penulisan pesan antinarkoba di bentangan kain putih oleh para tamu dan pemasangan stiker rumah bebas narkoba di salah satu rumah warga.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com