• PEMKAB Musi Banyuasin Perluas Area Tanam Kedelai

    0

    Musi Banyuasin, Sumsel, jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada 2016 ini berupaya melanjutkan program perluasan area tanam kedelai guna memenuhi kebutuhan dalam negeri dan mengurangi ketergantungan impor.
    Untuk memperluas area tanam kedelai di kabupaten ini, akan dimanfaatkan secara maksimal ribuan hektare lahan yang telah tersedia, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Selasa.
    Dia menjelaskan, program perluasan area tanam (PAT) kedelai telah dilaksanakan sejak  Oktober 2014 di wilayah transmigrasi Kecamatan Bayung Lencir dengan luas lahan mencapai 200 hektare.
    Setelah Kecamatan Bayung Lencir, hingga kini secara bertahap program tersebut dilanjutkan ke Kecamatan Sungai Keruh, Tungkal Jaya, Lalan, Sanga Desa dan beberapa kecamatan lainnya yang dinilai cocok untuk salh satu tanaman pangan yang selama ini sebagian besar dipenuhi dari impor.
    Untuk melakukan perluasan area tanam kedelai di Bumi Srasan Sekate ini, pihaknya berupaya menjalin kerja sama dengan kelompok tani sehingga kegiatannya dapat diawasi secara kolektif dan berjalan maksimal, katanya.
    Menurut dia, program PAT kedelai dilaksanakan di daerah transmigrasi beberapa kecamatan tersebut karena dinilai sangat tepat untuk pelaksanaan program tersebut.
    Pemilihan lokasi pelaksanaan program itu didasarkan atas ketersediaan lahan dan sumber daya manusia yang potensial untuk perluasan area tanam kedelai.
    “Kita optimistis program ini akan berhasil meningkatkan produksi kedelai secara drastis. Karena beberapa daerah sudah mempunyai lahan permanen ladang kedelai yang tingkat produktivitasnya cukup tinggi seperti di Kecamatan Lalan dan Sanga Desa,” ujar Beni.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com