• PEMKAB Malang Kebut Perbaikan Infrastruktur Jalan

    0

    Malang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengebut perbaikan infrastruktur, baik jalan maupun jembatan, menjelang musim mudik dan balik Lebaran 2016 agar pemudik nyaman dan aman ketika melewati jalur di sepanjang wilayah itu.
    Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang M. Anwar di Malang, Selasa, mengatakan bahwa sampai saat ini sudah sekitar 70 persen jalan di wilayah itu sudah siap dilalui untuk arus mudik dan balik Lebaran 2016.
    “Proses perbaikan yang kami lakukan sudah mencapai 70 persen,” katanya.
    Jalan yang diperbaiki tersebut, kata dia, bukan hanya jalan kabupaten, tetapi juga jalan desa.
    Saat ini, Dinas Bina Marga mengebut penyelesaian sejumlah titik jalan poros yang masih rusak. Pada H-7 Lebaran, jalan kabupaten dan jalan poros desa yang rusak bisa diselesaikan demi kenyamanan pemudik yang melintasi wilayah Kabupaten Malang.
    Menurut Anwar, ruas jalan poros desa yang sudah diperbaiki mencapai 200 kilometer. Jalan tersebut meliputi Desa Sumberwuni Kecamatan Lawang, Desa Dengkol Kecamatan Singosari, Desa Mangliawan dan Desa Bugis Kecamatan Pakis, serta Desa Talok Kecamatan Tumpang.
    Meski hanya jalan desa, lanjut dia, jalan-jalan tersebut selalu digunakan pemudik menuju daerah masing-masing. Oleh karena itu, jalan-jalan tersebut masuk dalam prioritas Bina Marga untuk diperbaiki.
    Menyinggung soal anggaran perbaikan infrastruktur jalan tersebut, Anwar mengatakan bahwa anggarannya sebesar Rp41 miliar. Dana tersebut dialokasikan dari APBN 2016. Selain perbaikan jalan kabupaten dan jalan desa, anggaran yang ada juga untuk perbaikan akses menuju ke lokasi wisata yang rata-rata berada di wilayah Malang selatan.
    Perbaikan akses menuju lokasi wisata berarti juga menunjang perekonomian masyarakat setempat sebab lokasi wisata, khususnya pantai-pantai yang ada di Malang selatan, seperti Sendangbiru, Balekambang, Kondangmerak, Gua Cina, Bajul Mati, dan Pantai Bangkung, menjadi destiansi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi selama liburan Lebaran.
    Hingga saat ini, jalan di Kabupaten Malang yang dinilai dalam kondisi baik mencapai panjang 1.812,24 kilometer dengan perincian 115,63 kilometer jalan nasional, 110,12 kilometer jalan provinsi, dan 1.586,49 jalan kabupaten. Khusus jalan kabupaten, ada 67,51 kilometer yang rusak ringan dan 14,76 kilometer yang rusak berat.
    “Jalan-jalan kabupaten yang rusak tersebut, baik ringan maupun berat, secara bertahap terus dilakukan perbaikan. Pemudik tidak perlu khawatir akan kondisi jalan di Kabupaten Malang yang bakal dilintasi, sebagian besar sudah bagus,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com