• Pemkab Bengkalis Sayangkan ASN Manipulasi Absensi

    0

         Bengkalis, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyayangkan adanya perilaku Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memanipulasi absensi guna mendapatkan tunjangan tambahan penghasilan pegawai.
    Kepala Bagian Humas (Humas) Pemda Bengkalis, Johansyah Syafri, Sabtu, membenarkan adanya ASN yang memanipulasi absen guna mendapatkan tambahan penghasilan pegawai (TPP) penuh tersebut.
    “Ada yang menyampaikan ke saya, ada ASN bahkan pejabat yang tidak hadir tapi dalam daftar absensinya dibuat hadir. Kalau memang ada tentu sangat kita sesalkan,” kata Johansyah Syafri.
    Ia mengatakan, indikator kehadiran adalah mengikuti apel pagi dan sore yang dibuktikan dengan  absensi daftar kehadiran.

         “Kalau yang bersangkutan tidak ikut apel pagi dan sore maka bisa dipastikan tidak hadir dan tidak hadir ini macam-macam alasannya, ada yang sakit, izin, dinas dan lain-lain termasuk alpa. Apapun alasannya tetap dihitung tidak hadir dan ini akan berpengaruh terhadap TPP yang akan diterima,” kata Johan.
    Menurut dia, jika ASN ataupun pejabat tidak hadir tapi dalam daftar absensi dibuat hadir. Hal tersebut sudah tergolong penipuan.
    “Kita sangat menyesalkan ASN yang seperti ini, karena tindakan seperti itu bukan hanya tindakan kriminal, juga menimbulkan rasa ketidakadilan bagi ASN yang rajin, karena rajin tak rajin TPP-nya sama saja,” ujarnya.
    Ia menjelaskan, Bagian Humas Setdakab Bengkalis selalu mendokumentasikan kegiatan apel pagi dan sore di Kantor Bupati Bengkalis. Dengan demikian, akan diketahui siapa-siapa saja ASN maupun pejabat yang tidak ikut apel tapi mendapatkan TPP penuh.
    “Konsekuensinya, kalau ada yang melakukan ini, maka yang bersangkutan harus mengembalikan TPP tersebut. Tidak tertutup kemungkinan sanksi disiplin juga dijatuhkan bagi ASN yang bersekongkol memanipulasi daftar absensi,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com