• PEMKAB Aceh Barat Pantau Perkembangan Harga

    0

    Meulaboh, Aceh, jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh terus memantau perkembangan harga kebutuhan pokok penting dan strategis guna menjaga stabilitas harga selama puasa Ramadhan 1437 Hijriah.
    Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan pada Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat, Cut Titi Herawati Rahmah di Meulaboh, Rabu mengatakan, perkembangan harga tersebut juga dilaporkan kepada atasan sebagai representatif mengambil kebijakan.
    “Kita terus memantau perkembangan, apalagi saat-saat momen seperti menyambut puasa Ramadhan, selama puasa dan sampai Lebaran akan kita pantau terus, bila terjadi gejolak maka pemerintah setidaknya bisa melakukan intervensi,” katanya.
    Dia menjelaskan, dengan diketahuinya perkembangan harga pasar maka bisa dilakukan upaya antisipasi terhadap gejolak kenaikan harga barang pokok dan strategis, seperti mengelar operasi pasar dan pasar murah.
    Dia menyebutkan, terkadang hukum ekonomi tidak berlaku di pasar daerah setempat karena tran budaya atau pola masyarakat berbelanja yang tidak normal, ditengah permintaan tinggi dan pasokanpun melimpah harga barang justru tinggi.
    Padahal kata Cut Titi, hukum ekonomi berlaku apabila kebutuhan tinggi sementara pasokan barang terbatas ataupun langka sehingga barulah terjadi kenaikan harga, akan tetapi kondisi demikian jarang terjadi di Aceh Barat.
    “Seperti saat hari ‘meugang’ sambut puasa harga daging bisa Rp170 ribu per kilogram, padahal daging ternak di pasar banyak, malahan ada daging impor lagi masuk, tapi harganya tetap mahal,” katanya.
    Kejadian fluktuasi harga barang di pasar Meulaboh terkadang hanya terjadi sekitar setengah hari, seperti saat hari meugang sambut puasa Ramadhan, pada jam pagi harga daging Rp170.000/Kg, namun saat sore harga daging sudah Rp100.000/Kg.
    Menurut Cut Titi kejadian demikian tergantung permintaan, apabila jumlah permintaan masih tinggi maka para pedagang secara sengaja mempertahankan harga, begitu melihat pembeli mulai sepi maka harga akan jatuh walaupun sampai ke level terendah.
    Hari kedua puasa Ramadhan 1437 Hijriah, harga daging dipasar Meulaboh sudah berangsur normal, daging ternak besar sapi yang mengalami kenaikan sampai Rp170.000/Kg pada hari Meugang sudah turun menjadi Rp130.000/Kg.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com