• Pelabuhan Sampit Tingkatkan Kapasitas Bongkar Muat

    0

    Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Kapasitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Bagendang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, bakal ditingkatkan agar pelayanan kepelabuhanan semakin optimal.
    “Kami akan merelokasi dua kontainer crane dari Banjarmasin ke Sampit ini untuk meningkatkan kapasitas terminal di Bagendang. Diperkirakan Juli sudah siap dipasang,” kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo III) Toto Heliyanto di Sampit, Jumat (10/6) malam.
    Saat ini sedang disiapkan pemasangan dua genset berkapasitas 20.000 KVA untuk mengoperasikan dua kontainer crane atau alat bongkar muat peti kemas tersebut. Pelindo III harus menyiapkan genset karena tidak adanya pasokan listrik yang memadai.
    Saat ini, bongkar muat peti kemas mengandalkan crane yang dimiliki oleh masing-masing kapal. Konsekuensinya, waktu bongkar muat menjadi lebih lama sehingga membawa dampak lain, khususnya dalam hal efisiensi dan biaya.
    Alat bongkar muat seharga delapan juta dolar per unit itu, diharapkan bisa membawa peningkatan signifikan terhadap aktivitas pelabuhan di Sampit. Potensi pelabuhan di daerah itu cukup besar dan strategis untuk dikembangkan.
    “Kalau menggunakan ‘container’ crane itu bisa 17 sampai 20 peti kemas per jam, sedangkan kalau dengan crane kapal hanya separuhnya. Kalau bongkar muatnya cepat maka cepat pula kapal lainnya masuk dan itu membuat biaya lebih murah. Pelabuhan di Banjarmasin dikasih empat unit, jadi dua unit yang di sana direlokasi ke Sampit,” kata Toto.
    General Manager PT Pelindo III Cabang Sampit Agus Dwi Wahyono optimistis pengoperasian dua kontainer crane dapat mendongkrak kinerja bongkar muat di dermaga Bagendang. Peningkatan layanan itu juga untuk mendorong aktivitas perekonomian di daerah setempat lebih meningkat.
    “Kalau kemampuan bongkar muat meningkat, tentu kami harapkan perkembangan pelabuhan juga makin meningkat. Potensi kita cukup besar dan terus meningkat,” katanya.
    Pelindo III berharap, dukungan pemerintah daerah untuk peningkatan infrastruktur jalan karena kelancaran arus lalu lintas angkutan darat juga berpengaruh terhadap aktivitas bongkar muat di pelabuhan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com