• Pekan Depan THR PNS Dicairkan

    0

    thrPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Kementrian Keuangan (Kemenkeu) memastikan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal memperoleh gaji 13 dan gaji 14 (THR) tahun ini sebelum lebaran. Sedangkan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menyatakan pencairan gaji 13 dan THR ini akan turun minggu depan antara tanggal 27-28 Juni.

    Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M Zulfan mengatakan, pihaknya baru saja menerima Permenkeu tersebut, Kamis (23/6), yang mana tertuang dalam PMK Nomor 96 tahun 2016. Sesuai peraturan tersebut, baik itu gaji 13 maupun THR dibayarkan bulan Juni ini sebelum lebaran.

    Saat ini pihaknya masih memproses dan mendata para PNS ini dan diserahkan ke SKPD sekaligus dibuatkan Surat Perintah Membayar (SPM). Soal kapan pastinya pembayaran tersebut cair, tergantung dari proses penghitungan SKPD. “Karena jumlahnya banyak sekali, kalau prosesnya cepat maka akan cepat pula pembayarannya. Namun kita perkirakan paling cepat pada 27-28 Juni melalui rekening gaji,”kata Zulfan, kemarin (23/6).

    Untuk pembayaran gaji 13 dan THR dilakukan terpisah, karena secara hitungannya juga berbeda dimana THR hanya gaji pokok. Ia merincikan, total pembayaran gaji 13 tahun ini sebesar 72 Miliar dan THR sekitar 56 Miliar. “Pembayaran tersebut memakai APBD kita. Untuk APBD 2016 ini ada 3,1 Triliun. Sementara untuk gaji dan tunjangan pegawai termasuk profesi guru saja sekitar 1,65 Triliun,’ ujarnya.

    Ia menambahkan, untuk jumlah PNS saat ini di Palembang sekitar 15 ribu dan tenaga honorer sekitar 3.000. sedangkan THR bagi Honorer dan tenaga sukarela disesuaikan dengan keuangan masing-masing SKPD.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com