• Pasar Soak Bato Mulai Dibangun

    0
    Tersendatnya Operasional Pasar Talang Kelapa Ada Mafia

    Pasar Soak Bato Mulai Dibangun

    Palembang, jurnalsumatra.com – Dalam menciptkan pasar tradisonal yang aman dan bersih, pemerintah kota Palembang terus melakukan revitalisasi maupun perbaikan terhadap pasar tradisonal yang ada, kali ini bakal ada tiga pasar yang akan menjadi fokus prioritas secepatnya untuk dibenahi. Karena pasar tradisional adalah pengerak perekonomian masyarakat menengah kebawah.

    Asisten II Setda Pemkot Palembang, Hardayani mengatakan sesuai dengan jadwal maka Pemkot Palembang pada awal juli mendatang, akan membangun kontruksi Pasar Soak Bato yang berlokasi di 26 Ilir. Proyek ini sangat fantastis karena menelan anggaran mencapai Rp 10 miliar.

    “Saat ini kita mulai melakukan sosialisasi untuk memindahkan para pedagang. Senin nanti juga akan melihat lokasi rencana relokasi kepada para pedagang,”kata Hardayani ditemui usai rapat pembahasan pemanfaatan pasar di ruang rapat II Pemkot Palembang, kemarin (22/6).

    Ia mengatakan, pembangunan sendiri dimulai dari pada 8 Juli sampai akhir Juli.sementara itu untuk berjulan sementara waktu para pedagang akan direlokasi yang tak jauh dari pasar yang ada sekarang ini.

    “Konsepnya ialah pasar rakyat modern yang terdiri dari 2 lantai. Ada 277 pedagang yang akan menempati los dan kios, pembagunan proyek ini ini menelan anggaran Rp 10 Milia dana dari kementrian Perdagangan,”jelasnya.

    Selanjutnya, ialah rencana renovasi Pasar 10 Ulu Palembang dimana pasca direnovasi beberapa waktu lalu pedagang masih banyak diluar. Karena los dan kios yang belum cukup maka paar ini akan dibangun dua tingkat.

    “Untuk merenovasi harus ada penyerahan aset kekementrian. Jadi sekarang masih mengurus penyerahan aset yang harus dilakukan secepatnya. Saat ini sedang dibuat desainnya dan dibuat sesuai kebutuhan pedagang. Ada sekitar 300 pedagang yang belum dapato ditampung,”kata Hardayani.

    Selanjutnya, pemanfaatn pasar Talang Kelapa yang hingga saat ini belum dapat difungsikan oleh pedagang maupun pembeli. Saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan kepada para calon pedagang yang akan mendapatkan kios dan lapak melalui tim seleksi pedagang. Jika pendataan selesai dalam seminggu ini, bisa dilakukan diverifikasi.

    “setelah itu kemudian akan diundi. Ini dilakukan karena kios dan losnya terbatas. Prioritas tentu pedagang dari Talang Kelapa yang memang pedagang bukan dari luar Talang Kelapa,”ujarnya.

    Dengan adanya Pasar ini maka, warga Talang Kelapa tidak perlu lagi keluar Talang Kelapa untuk membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari, karena hanya dapat dibeli di Pasar, karena lokasi pasar ini sangat strategsi karena berada ddi tengah Talang Kelapa.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com