• Pasar CInde Bukan Situs Sejarah Akan Dibabas-bingkaskan

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pasar Cinde yang akan terkena proyek bangun guna serah (BGS) akan dibongkar habis. Apalagi dipastikan Pasar Cinde bukan situs bersejarah.

    Kepastian ini disampaikan mantan Anggota Panitia Khusus Pasar Cinde Joncik Muhammad kepada Radar Palembang Kamis (2/6) yang dibincangi di ruang Fraksi Amanat Nasioanal (PAN) DPRD Sumatera Selatan (Sumsel). Joncik mengatakan sebelum Pansus menyetujui usulan Pemprov Sumsel sudah dilakukan kajian yang mendalam.

    Termasuk ujar Joncik dilakukan pertemuan dengan asosiasi pedagang dan PD Pasar Palembang. Tujuannya mencari masukan sebanyak-banyaknya agar tidak ada kesalahan sebelum usulan tersebut disetujui katanya.

    Salah satu yang didapat kata Joncik bahwasannya Pasar Cinde bukan bangunan cagar budaya. Jangankan sebagai cagar budaya, diusulkan pun tidak pernah kata Joncik. Kalau pun ada yang mengatakan hal itu cagar budaya, baru sebatas wacana.

    Dengan status seperti itu ujar Joncik tidak ada undang-undang atau pun keputusan presiden yang melindunginya. Maka kalau dibongkar tidak ada yang dilanggar. “Jadi akan dibongkar oleh pengembang. Termasuk pilar yang ada,” katanya.

    Terkait dengan relokasi yang belum terlaksana dikatakan hal itu sepenuhnya tanggung jawab pengembang. Nah, bila sampai sekarang belum ada, pengembang diminta untuk segera mencarikan solusinya. Mengingat pembangunan tidak akan bisa dilakukan sebelum dilakukan relokasi ke tempat yang layak.

    Melihat situasi saat ini belum juga dilakukan pembangunan, Joncik pesimis pembangunan akan selesai sebelum ASAN GAMES sebagai mana target semula. Namun hal itu tidak menjadi masalah mengingat tidak ada keharusan. “Cuma saat itu kita berharap bisa selesai sebelum ASIAN GAMES. Tidak ada keharusan,” tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com