• Panti Sosial Keluhkan Kelebihan Kapasitas Selama Ramadhan

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com- Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1, Kedoya, Jakarta Barat, mengalami kelebihan kapasitas penghuni atau warga binaan sosial yang akan semakin bertambah selama bulan Ramadhan hingga Lebaran.
    PSBI merupakan panti yang menjadi tempat transit para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) hasil jangkauan para petugas Dinas Sosial DKI Jakarta, sebelum mereka dibawa ke panti rujukan.
    “Semakin bertambahnya jumlah PMKS yang memanfaatkan momen bulan puasa akan berakibat pada kelebihan kapasitas PSBI,” kata Kepala PSBI Bangun Daya 1 Masyudi dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.
    Saat ini, panti tersebut dihuni oleh 870 warga binaan sosial sedangkan kapasitasnya hanya untuk 510 orang.
    Kondisi ini dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan penghuni panti dan memaksa mereka harus tidur berdesak-desakan.
    Penghuni panti yang 60 persen merupakan penyandang psikotik atau orang dengan masalah kejiwaan, membuat pihak panti kesulitan untuk memulangkan mereka ke daerah masing-masing.
    Petugas di lapangan hampir setiap hari menyerahkan penyandang psikotik ke panti kami. Mereka tidak tahu asal mereka. Sehingga susah juga untuk dikembalikan kepada keluarga,” ujar Masyudi.
    Menurut prosedur, setelah mendapat pembinaan selama 30 hari para PMKS bisa dikembalikan ke keluarga.
    Pembinaan tersebut dilakukan untuk memberi efek jera dan pelajaran kepada PMKS agar berhenti mengemis dan meminta-minta di jalanan Ibu Kota.
    Dinsos DKI juga mendorong para PMKS untuk memiliki pekerjaan yang lebih baik di daerah asal mereka seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.
    ¿Untuk klasifikasi pengamen dan pengemis, mereka kami beri pembinaan sosial dan hukum agar tidak mengulangi perbuatannya dan tidak kembali menjadi PMKS kembali,” ujar Masyudi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com