• Pabrik Tahu Banyak Tidak Berizin

    0
    tahu

    Pabrik Tahu Banyak Tidak Berizin

    Lahat, jurnalsumatra.com – Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Badan Perizinan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah (BPPT dan PMD), Elfa Edison disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perijinan dan Jasa Usaha, Mery Diana SE MM menuturkan, pabrik tahu yang beroperasi di Kota Lahat banyak tak memiliki izin resmi sama sekali.

    “Memang ada, semua itu diketahui berdasarkan hasil dari penelusuran di lapangan banyak dari pabrik tahu tidak mengantongi izin resmi dari BPPT dan PMD,” katanya, Kamis (16/6).

    Mereka, sambung dia, dalam mengurusi izin resmi, terlebih dahulu mesti ada surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), dari segi sanitasi maupun lingkungannya. “Ada memang sudah beberapa usaha tersebut mengajukan izin, akan tetapi, tidak diterbitkan, hal ini, mereka belum ada rekomendasi dari Dinkes maupun BLH,” ujarnya.

    Rencana pihaknya, terlebih dahulu dahulu akan diberikan sosialisasi atau pembinaan kepada usaha pembuatan tahu apabila sama sekali tidak diindahkan maka tindak tegas dengan berkoordinasi dengan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) sebagai penegak peraturan daerah (perda) guna menutupi pabrik sama sekali tidak mau membuat izin.

    “Pol-PP selaku penegak Perda. Oleh sebab itu, akan kita koordinasikan, apabila masih membandel, tidak menutup kemungkian langkah lebih lanjut kita ambil,” ujar Mery.

    Sementara itu, Kadinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM didampingi Kabid Pengendalian Kesehatan, Ubaidillah SKM MKes melalui Kasi Pengendalian, Heni Laksemi SKM membenarkan, bahwasanya pihaknya telah turun ke lapangan untuk mengambil beberapa sampel tahu maupun sanitasinya.

    “Benar ada beberapa pabrik tahu dengan sanitasi dalam kondisi jelek dan ada bagus, termasuk sampel tahu pun kita ambil guna diuji laboratorium,” ujar Heni. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com