• Mensiasati Donor Darah di Bulan Puasa

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Palang Merah Indonesia (PMI), Kota Palembang, melakukan perubahan jam bagi pendonor darah dengan melakukan pengeseran jam donor selama bulan Ramadhan pada saat usai buka puasa atau terawih.

    Hal ini disampaikan Kepala Administrasi dan Kepegawaian PMI Kota Palembang Bambang Irawan kepada jurnalsumatra.com yang mengatakan “Waktu yang tepat pendonor untuk melakukan donor darah usai buka puasa dan tarawih merupakan waktu yang tepat untuk donor darah.” Ungkapnya tentang pergeseran jam donor darah, hanya pada malam hari .

    “Selama puasa, banyak pendonor yang melakukan donor darah usai buka puasa atau sholat tarawih. Memang terjadi sedikit pergeseran pada waktu malam hari dan sudah menjadi tran di bulan suci ramadhan ini, juga menjadi penurunan donor darah dibandingkan hari biasa,” ungkapnya.

    “Melihat kondisi ini, membuat kami harus melakukan jemput bola, dengan membuka stan donor darah di tempat keramaian, seperti di Kambang Iwak kemarin,” jelasnya.

    Menurutnya, meski terjadi penurunan selama bulan puasa stok darah dinyatakan aman, hingga saat ini ada 1.000 lebih kantong darah yang tersedia. Alhamdulilah kita jamin aman, karena sebelum puasa juga kita lakukan antisipasi stok yang banyak, stok ini mampu mencukupi hingga lebaran nanti. namun pihaknya terus melakukan jemput bola selama bulan puasa ini.

    ‪”Hingga hari ketujuh ramadan ini stok kita aman. Bahkan stok ada lebih dari 1000 kantong dan untuk permintaan pun masih normal dihari biasa.  “Dalam sehari permintaan kantong darah yakni 100 kantong per hari itu masih permintaan yang normal dari rumah sakit. Namun kebanyakan permintaan memang usai buka puasa atau malam hari,” pungkasnya. (eddie)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com