• Kotabaru KALSEL Andalkan SDA Terbarukan Dan Wisata

    0

    Banjarmaasin, jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, kedepannya akan mengandalkan sumber daya alam (SDA) terbarukan, serta dunia kepariwisataan, karena sektor tersebut diyakini akan membewa wilayah paling timut Provinsi Kalsel ini ke arah kemajuan.
    Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kotabarubaru Burhanudian ketika menerima kontingan sepeda tua (onthel) yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalimantan Selatan di Kotabaru, Sabtu (4/6), kata Ketua Kosti Kalsel Mohamad Ary di Banjarmasin, Senin.
    Dalam sambutan saat malam ramah tamah dengan kontingen Kosti Kalsel yang terlibat dalam parade sepeda Onthel Kotabaru tersebut, dijelaskan dengan mengandalkan SDA terbarukan dan wisata tersebut, maka ke depan Pemkab setempat mencoba menggalakkan kegiatan wisata laut.
    “Kotabaru memiliki sekitar 150 pulau yang kesemuanya eksotis, dan terdapat terumbu karang yang indah yang kalau itu dipromosikan, tentu akan mendatangkan kemajuan,” katanya.
    Dalam kaitan meningkatkan kepariwisataan tersebut, Pemkab Kotabaru, kutip Mohamad Ary mencoba menggalakkan aktivitas onthel sebagai sarana penunjang pelestarian budaya, sekaligus pelestarian peninggalan bahari.
    “Di beberapa kota yang menggalakan dunia onthel ternyata berdampak terhadap dunia wisata, seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Bali,” katanya.
    Makanya ke depan “event” sepeda onthel lebih digelorakan lagi, sebagai wahana menarik wisatawan.
    “Kita kan memiliki ratusan buah perusahaan besar yang jika CSR-nya digali untuk meningkatkan dunia wisata, khususnya kegiatan parade onthel, maka diharapkan kita banyak yang akan terlibat, asal hadiahnya diperbesar,” kalau perlu tahun depan hadiahnya bisa capai Rp1 miliar,” katanya disambut tepuk tangan hadirin.
    Oleh karena

    itu, ia meminta pengurus perkumpulan sepeda tua Kotabaru mulai dikarang merancang kegiatan ke depan, agar ajang ini lebih meriah lagi.
    Pada parade onthel Kotabaru dalam kiatan HUT Kabupaten Kotabaru ke-66 ini, bukan saja melibatkan onthelis se Kalsel, tetapi juga  dari Kalteng, Kaltim, dan Kalbar, bahkan dari Blitar dan Kediri.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com