• Kota Kupang Dapat Opini Wdp Dari BPK

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Kupang mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP) terhadap laporan keuangan Tahun Anggaran 2015 oleh Badan Pemeriksaa Keuangan RI.
    “Ada lima pengecualian yang ditemukan dalam pemeriksaan BPK untuk laporan keuangan Pemerintah Kota Kupang Tahun Anggaran 2015,” kata Kepala Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur Dewi Ciantrini saat penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK kepada Wali Kota Kupang Jonas Salean dan Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, Selasa.
    Dia menyebut, lima pengecualian yang menurut hasil pemeriksaan BPK masih menjadi catatan dalam pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Kota Kupang yaitu, kas di bendahara pengeluaran di antaranya sebesar Rp140 juta yang terdiri dari sisa kas tahun 2012 sebesar Rp65 juta dan tahun 2015 sebesar Rp75 juta.
    Piutang pajak, diantaranya sebesar Rp14 miliar yang terdiri dari Pajak Reklame sebesar Rp106 miliar dan PBB-P2 sebesar Rp13 miliar. Untuk konteks piutang pajak ini, BPK tidak mendapatkan rincian dukungan penghitungan yang memadai.
    Selanjutnya investasi permanen, dimana dari catatan dan dokumen termasuk laporan keuangan audit BUMD yang tersedia, tidak memungkinkan BPK untuk meyakini nilai pernyetaan modal pada PT Sasando, PD Pasar dan KPN Maju.
    Untuk pengecualian lainnya yaitu aset tetap, terdapat perbedaan pencatatan aset tetap antara Bagian Perlengkapan dan Bagian keuangan sebesar Rp49,8 miliar. Juga terhadap kegiatan perencanaan, pengawasan, pemeliharaan, peningkatan jalan dengan nilai sebesar Rp147 miliar, tidak dicatat sebagai penambah pada aset induk tetapi dicatat sebagai aset baru, dengan usia ekonomis selama sepuluh tahun.
    Sementara pengecualian kelima adalah beban barang dan jasa, termasuk juga di dalamnya beban yang berasal dari dana bantuan operasional siswa yang dikelola masing-masing sekolah penerima.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com