• Kolam Nipa Nipa Bantu Kendalikan Banjir

    0

    Makassar, jurnalsumatra.com- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembangunan Kolam Regulasi Nipa Nipa di Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, akan membantu mengendalikan banjir di Kota Makassar.
    “Pembangunan kolam regulasi Nipa Nipa untuk menjawab secara pasti upaya mengendalikan banjir di Makassar, sekaligus menjadi cadangan air tanah,” kata Syahrul usai meletakkan batu pertama pembangunan Kolam Regulasi Nipa Nipa pada Peringatan Hari Air se-Dunia ke-24 tingkat Provinsi Sulsel, di Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis.
    Syahrul mengatakan bahwa air memiliki berbagai peran penting dalam kehidupan, yakni memiliki fungsi sosial, maupun ekonomi. Fungsi ekonomi tersebut, tidak hanya terkait pemanfaatan air untuk bahan baku air minum, tetapi juga untuk irigasi.
    “Makanya menjaga air ini adalah kewajiban,” imbuhnya.
    Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Agus Setiawan mengatakan fasilitas pengendali banjir ini mengurangi dampak meluapnya sungai Tallo.
    Pada kolam regulasi ini, air ditampung pada saat hujan dan dialirkan kembali setelah hujan reda.
    “Fungsinya sama dengan waduk tunggu Pampang,” imbuhnya.
    Dengan hadirnya Kolam Regulasi Nipa Nipa dengan luas tampungan 84 hekta are ini, akan mengurangi luas area terdampak  hingga 3000 hekta are.
    “Kolam ini juga memiliki fungsi perikanan air tawar dan rekreasi dan meningkatkan nilai pemukiman di sekitarnya,” ujar Agus.
    Pembiayaan proyek ini menggunakan anggaran APBN tahun anggaran 2016-2018 sebesar Rp347 miliar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com