• Kemenag Musirawas Prioritaskan Zakat Fitrah Beras

    0

        Musirawas, jurnalsumatra.com – Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, bersama dinas terkait menetapkan nilai zakat fitrah Rp20 ribu hingga Rp30 ribu per orang dengan prioritaskan berbentuk beras.
    Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Musirawas Hermadi, Sabtu mengatakan, penentuan itu telah dibahas bersama unsur pimpinan Pemkab Musirawas, tokoh agama/masyarakat seperti Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan dinas perdagangan setempat.
    Zakat fitrah diwajibkan bagi semua umat Islam, lain halnya dengan zakat mal hanya bagi orang yang mampu melalui infaq sadaqoh.
    Untuk zakat fitrah wajib dilakukan semua umat termasuk bayi yang baru lahir sekalipun, pada dasarnya zakat fitrah sendiri diutamakan pada beras.

        Bila ada yang menggantikan dengan uang maka diperbolehkan yatu berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp30 ribu per orang.
    Sumbangan zakat fitrah tersebut bila sudah terkumpul semuanya akan disalurkan pada masyarakat yang tidak mampu dan fakir miskin yang kerja sama dengan badan amil zakat, namun lebih diutamakan bagi fakir miskin dan orang miskin.
    Ia mengimbau kepaa umat Islam wilayah itu untuk membayar zakat fitra sesuai dengan ketentuan yang akan diberlakukan pada semua umur baik laki-laki maupun perempuan hukumnya wajib untuk direalisasikan, ujarnya.
    “Sistem pengumpulannya boleh di masjid atau tempat-tempat yang telah ditentukan, hal itu sudah boleh dilakukan pada jadwal yang telah ditentukan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com