• Kader PKK Jateng Giatkan Penyuluhan Turunkan AKI-AKB

    0

         Semarang, jurnalsumatra.com – Kader penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Jawa Tengah menggiatkan berbagai bentuk penyuluhan di masyarakat guna menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi.
    “Kepada kader PKK ditekankan agar tidak bosan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan selama kehamilan, dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap wanita hamil di sekelilingnya,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat.
    Menurut dia, untuk menurunkan AKI-AKB perlu mengutamakan pendekatan di bagian hulu yakni melalui upaya promotif dan preventif.
    Peran dasa wisma, kata Atikoh, perlu direvitalisasi dan diperkuat agar jangan hanya terkesan arisan, melainkan dapat menunjang keberhasilan program-program yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak.

         “Tidak hanya itu, PKK juga memberikan penyuluhan kepada kaum remaja, melalui generasi remaja, karang taruna, atau lembaga pemuda lainnya, yang salah satu materinya mengenai pencegahan pernikahan dini karena dapat memicu kematian ibu melahirkan,” ujarnya.
    Ia menyebutkan, tidak ada alasan perempuan mengorbankan nyawanya untuk melahirkan.
    “Kematian pada ibu melahirkan dapat dicegah dengan komitmen bersama, termasuk kepedulian si calon ibu terhadap kesehatan dirinya sejak merencanakan hamil,” katanya.
    Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, AKI di provinsi setempat pada 2015 menurun dibandingkan tahun sebelumnya.
    Pada 2015 tercatat 619 kasus AKI (111,16/ 100 ribu kelahiran hidup), sedangkan pada 2014 sebanyak 711 kasus (126,55/ 100 ribu kelahiran hidup), namun pada 2016 ini ada kecenderungan peningkatan AKI.
    Hingga 29 Mei 2016 tercatat 297 kasus AKI dan jumlah AKB pun menurun dari 5.666 kasus (10,08/ 100 ribu kelahiran hidup) menjadi 5.571 kasus (10/ 100 ribu kelahiran hidup).(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com