• Insiden Serang Jangan Terjadi Di Maluku

    0

    Ambon, jurnalsumatra.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku menegaskan insiden razia warung makan yang terjadi di Serang Provinsi Banten tidak boleh terjadi di Maluku karena harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
    “Kami menyadari razia itu memang ada Perdanya. Namun tindakan yang dilakukan oknum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Serang di warung saat bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah beberapa waktu lalu cenderung menunjukkan tindakan kekerasan,” kata Ketua MUI Maluku Idrus Toekan di Ambon, Senin.
    Idrus menambahkan insiden yang terjadi saat umat Islam mengawali ibadah puasa itu sebaiknya dihindari dan dilakukan secara persuasif.
    “Paling tidak sebelum melaksanakan razia ada baiknya dilakukan sosialisasi agar pengelola warung memahami ketentuan Perda sehingga bisa diantisipasi hal-hal kurang manusiawi saat pelaksanaan ibadah puasa,” ujar Idrus.
    Karena itu, dia menginginkan insiden di Serang tidak terjadi di Maluku yang menjunjung tinggi kehidupan orang ‘basudara’ (saudara)  dibingkai budaya pela dan gandong.
    Begitu pula, jalinan keharmonisan antarumat beragama dijunjung tinggi sebagai warisan leluhur.
    “MUI Maluku dalam kebersamaan dengan pimpinan agama lainnya telah berkoordinasi agar insiden di Serang tidak dimanfaatkan untuk memprovokasi masyarakat di daerah ini,” tandas Idrus.
    Sebelumnya telah terjadi razia terhadap warung-warung nasi yang dibuka di siang hari yang dilakukan oleh Satpol PP pemerintah Kota Serang dan pemerintah kabupaten di wilayah Banten.
    Razia dilakukan dengan berdasarkan Peraturan Daerah No 2 tahun 2010 tentang Pekat (Penyakit Masyarakat) yang dikeluarkan oleh Wali Kota Serang dan MUI Kota Serang.
    Gubernur Banten Rano Karno juga menyesalkan langkah dan pendekatan yang cenderung represif.
    “Saya minta semua pihak untuk menahan diri dan tidak mudah terpancing melakukan langkah-langkah yang tak perlu,” katanya.
    Rano mengatakan, sosialisasi aturan dan penegakan aturan harus tetap memperhatikan pentingnya menegakkan keadilan dan merawat sisi kemanusiaan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com