• IBI Darmajaya Pelopori Desa Berbasis Teknologi Informasi

    0

    Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Provinsi Lampung mempelopori terwujudnya desa berbasis teknologi informasi (digital village) yang ditandai dengan penyerahan aplikasi Sistem Informasi dan Layanan Desa (SIDesa) ke Desa (Pekon) Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.
    “Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa untuk memperoleh informasi dan pelayanan yang mudah, cepat, dan prima mewujudkan desa yang mandiri, paham IT dan sejahtera,” kata  Rektor Darmajaya Ir Firmansyah Y Alfian MBA, MSc saat dihuhungi dari Bandarlampung, Senin.
    Ia menjelaskan penyerahan aplikasi tersebut dilakukan Kamis (23/6) kepada Kepala Desa Tambahrejo Khairul Anwar dan disaksikan oleh Bupati Pringsewu H Sujadi beserta Satker Pemda Pringsewu di Balai Desa Tambahrejo, Gadingrejo, Pringsewu.
    Firmansyah mengatakan aplikasi SIDesa dapat mempermudah masyarakat desa untuk memperoleh informasi dan pelayanan yang bisa dilakukan melalui laman www.tambahrejo.desa.id serta dapat diakses melalui telepon genggam kapan saja dan dimana saja.
    Laman SIDesa Tambahrejo memuat profil desa, pelayanan kependudukan, perizinan, produk usaha desa, kegiatan desa dan lainnya.
    Selain di Desa Tambahrejo, program serupa juga tengah dilakukan di Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dan Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.
    Program tersebut masih terus dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Darmajaya bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Darmajaya (IKADJ).
    Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr Andi Desfiandi SE, MA menambahkan awalnya Darmajaya memperoleh tantangan dari Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI) saat melakukan Seminar Nasional dan kunjungan kerja yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKAUNPAD) di kampus Darmajaya beberapa waktu lalu.
    “Tantangan tersebut lantas menjadi semangat bagi Darmajaya untuk ikut berkontribusi dengan membuat sistem informasi desa dengan tujuan agar IT masuk ke segala lini masyarakat untuk mewujudkan terciptanya informasi dan pelayanan desa yang transparan dan akuntable,” kata dia.
    Bupati Pringsewu Sujadi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Darmajaya yang telah berkontribusi mewujudkan desa IT di Desa Tambahrejo melalui aplikasi SIDesa.
    Pihaknya akan memantau terus aplikasi itu, jangan sampai sistem yang sudah seganggih itu tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan  berharap aplikasi SIDesa di Tambahrejo bisa menjadi contoh untuk dikembangkan pada desa-desa lainnya di Kabupaten Pringsewu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com