• Hujan Buatan Didukung Dua Pesawat Cassa

    0
    pesawat

    Hujan Buatan Didukung Dua Pesawat Cassa

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan di Sumatera, khususnya Sumsel serta mengoptimalkan potensi awan menjadi hujan menjelang memasuki musim kemarau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca-Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan,Senin (13/6/2016).

    Menurut Kepala BB-TMC BPPT Tri Handoko Seto mengatakan operasi ini akan didukung dua unit pesawat jenis Casa yang terdiri dari satu unit pesawat dengan nomor registrasi PK-PCT milik PT Pelita Air Service dan satu unit pesawat milik TNI AU dari Skadron 4 Malang.

    Bahan semai yang digunakan adalah garam (NaCl) berbentuk powder dengan ukuran butir yang sangat halus (orde mikron)”ujarnya”

    Teknologi TMC ini untuk membasahi rawan terbakar seperti di OKI, Muba, Banyuasin, dan beberapa tempat lainnya. Rencana penyemaian garam di sel-sel awan dilakukan dua kali dalam sehari. Dalam sekali proses penyemaian dibutuhkan 1 ton garam dengan cakupan hujan 12 km,” jelas Tri Handoko Seto.

    Lanjutnya dalam mengukur keberhasilan kegiatan TMC ini, selain dilakukan dengan monitoring hujan di daerah seeding dan sekitarnya juga akan dipasang peralatan sistem monitoring yang mengukur kelembaban atau kandungan air pada beberapa level kedalaman pada lahan gambut.

    Peralatan monitoring tersebut rencananya akan ditempatkan di wilayah yang didominasi gambut seperti di Kabupaten OKI dan Banyuasin.

    Lanjut Kepala BPBD Sumsel H Yulizar Dinoto SH menyambut baik dengan adanya tambahan bantuan ini. Sebelumnya telah ada pesawat untuk waterbombing dua unit, dan 1 unit pesawat hercules.

    Kebakaran terparah itu di Muba, Muara Medak beberapa hari yang lalu terbakar 11 kali Peralatan monitoring tersebut rencananya akan ditempatkan di wilayah yang didominasi gambut seperti di Kabupaten OKI dan Banyuasin”tegasnya”

    Acara tersebut dihadirin Direktur Bantuan Darurat BNPB Drs Eko Budiman MM didampingi Kepala BPBD Sumsel H Yulizar Dinoto SH serta kepala BB- TMC BPPPT Tri Handoko dan instansi terkait membuka pelaksanaan operasi TMC di Provinsi Sumsel di Lanud Palembang, (RN)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com