• Harga Ayam Meranjak Naik Walau Pasokan Bertambah

    0

    20120720pedagang-daging-ayamLahat, jurnalsumatra.com – Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1437 H yang sudah didepan mata, jelas seluruh umat Muslim menyambutnya dengan gembira, akan tetapi, berbanding terbalik dengan beberapa komoditi dipasaran. Pasalnya, menjelang Bulan penuh barokah ini, ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan maupun stabil perihal harga jual ke tingkat konsumen.

    Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisperindag), Fikriansyah SE Msi membenarkan, bahwasanya hasil pantuan ke beberapa pedagang pasar tradisional di Kota Lahat ada beberapa komoditi mengalami kenaikan harga jual.

    “Misalnya, ayam potong semula hanya Rp 28.000 kini naik Rp 36.000 perekor, telor ayam sebutir dijual Rp 1.400, sedangkan untuk minyak goreng (migor) kemasan tidak begitu signifikan kenaikannya, cenderung stabil,” ujarnya.

    Namun, menurut Fikriansyah, untuk harga daging yang biasanya ketika menjelang puasa, harga jual ditingkat pedagang cukup tinggi kenaikannya, tapi, di PTM Serelo, perkilo kisaran Rp 125.000, begitu juga dengan harga ikan. “Untuk beras pun demikian tidak tinggi, sayur mayur yang pasokannya cukup tinggi, sehingga mampu menekan harga jual pedagang dan konsumen mampu membelinya,” tambahnya lugas.

    Ia menjelaskan, sah-sah saja menaikkan harga jual komoditi sembilan bahan pokok (sembako), harus diingat jangan sampai daya beli konsumen menurun, disebabkan melonjaknya luar biasa.

    “Ini yang harus kita hindari, barang banyak tapi harga jual diluar jangkauan konsumen, sehingga dapat mengakibatkan daya beli menurun dan akhirnya komoditi dimaksud tidak laku dan busuk,” ujarnya.

    Sementara itu, Cik Mat (43) pedagang daging yang berhasil dibincangi wartawan mengatakan, harga jual tidak mengalami kenaikan, tetap Rp 125.000 perkilo, dan sehari mampu terjual hingga 20 kg lebih. “tentunya saja kami tidak akan berani menaikkan lebih tinggi lagi, ditakutkan daya beli turun dan akhirnya pembeli sepi,” katanya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com