• DPRD: Palembang butuh sinergi eksekutif dan legislatif

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Ketua DPRD Kota Palembang Darmawan mengatakan bahwa kota ini membutuhkan sinergi antara eksekutif dan legislatif untuk mencapai cita-cita sebagai kota “Emas” yakni elok, madani, aman, dan sejahtera.

    “Sinergi antara legislatif dan eksekutif saat ini sudah diatur secara konstitusional sehingga suatu kota jika ingin maju maka harus saling bersinergi,” kata Darmawan dalam puncak perayaan HUT ke-1.333 Kota Palembang pada sidang paripurna istimewa DPRD, Jumat.

    Ia mengemukakan, Kota Palembang sudah menerapkan sinergitas tersebut yang diwujudkan dalam pembuatan peraturan daerah, keputusan berkaitan dengan kelembagaan negara, dan lainnya.

    “Dampaknya terbilang sangat positif yakni selalu terjadi penambahan APBD dan DPRD juga aktif dalam mengawasi pemerintah yang diwujudkan dalam kunjungan kerja,” kata dia.

    Pada perayaan HUT itu, DPRD mengapresiasi capaian diraih Pemkot Palembang baik prestasi tingkat nasional dan provinsi, di antaranya penghargaan program langit biru yang mengukur kualitas udara perkotaan oleh Kementerian LHK, meraih Piala Adipura Kencana pada 2015 untuk kebersihan dan penghijauan kota.

    Lalu, meraih Piala Adywiyata Nasional atas prestasi membawa 12 sekolah berwawasan lingkungan, meraih predikat zona integritas untuk RSUD Bari, predikat Wajar Tanpa Pengecualian selama enam tahun berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan, menjadi kota terbaik untuk Pelayaan Terpadu Satu Pintu dari Badan Penanaman Modal, dan juara MTQ tingkat provinsi.

    “Prestasi ini demikian membanggakan tapi diharapkan Pemkot tidak mudah berpuas diri, karena masih banyak target dan sasaran yang ingin dicapai, terutama jika dikaitkan dengan peran sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018 bersama Jakarta,” kata dia.

    DPRD Kota Palembang berjanji akan memberikan dukungan penuh demi suksesnya ajang olahraga bergengsi yang akan diikuti 54 negara ini.

    “Palembang ke depan harus benar-benar fokus untuk menyukseskan Asian Games karena kesempatan ini belum tentu akan berulang lagi. Momen ini sangat penting untuk membangkitkan sektor pariwisata, jasa, perdagangan, dan industri,” kata Darmawan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com