• DPRD Minta Kelompok Peduli Api Segera Dibentuk

    0

    Palangka Raya, jurnalsumatra.com- Tim Reses Daerah Pemilihan II DPRD Kalimantan Tengah meminta Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten/Kota segera membentuk kelompok masyarakat peduli api sampai ke tingkat pedesaan.
    Bencana kabut asap yang begitu parah pada tahun lalu harus menjadi pelajaran penting bagi pemerintah maupun masyarakat, kata perwakilan Tim Reses Dapil II DPRD Kalteng HM Fahruddin di Palangka Raya, Rabu.
    “Mengantisipasi agar bencana kabut asap itu tidak terjadi lagi, ya harus dilakukan bersama-sama. Masyarakat di kota maupun desa harus dilibatkan. Apakah membentuk organisasi kemasyarakatan atau kelompok, terserah saja,” tambahnya.
    Pria yang menjabat Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalteng yang membidangi pemerintahan dan keuangan ini juga mengharapkan agar pemerintah terus meningkatkan sosialisasi tentang regulasi yang mengatur tentang masalah pembakaran lahan di provinsi ini.
    Pembelajaran dari kebakaran lahan yang terjadi di 2015 lalu, menurut legislator dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini, harus disikapi secara serius sehingga tidak terjadi lagi di tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.
    “Penanggulangan kebakaran lahan dan hutan tidak hanya tugas dari pemerintah daerah tetapi harus melibatkan peran serta masyarakat di sekitar desa dan lembaga-lembaga lainnya,” kata Fahruddin.
    Mantan Sekda Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur ini menyebut bencana asap kebakaran lahan dan hutan di 2015 merupakan terparah selama puluhan tahun, karena dampaknya tidak hanya mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat namun juga menjadi sorotan dunia.
    Dia mengatakan, untuk wilayah Kalteng sangat mempengaruhi berbagai aktivitas masyarakat, karena kesehatan masyarakat terganggu, aktivitas penerbangan dari beberapa bandara di Kalteng macet, hingga terganggunya proses belajar-mengajar.
    “Saat musim kabut asap itu, sekolah sudah beberapa kali diliburkan, ini kan mempunyai dampak yang negatif untuk kita Kalteng. Mari sama-sama mencegah agar bencana Kabut asap tidak terjadi lagi di Kalteng,” demikian Fahruddin.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com