• DPRD Diminta Dukung Peningkatan Status RSUD Damanhuri

    0

    Barabai, Kalsel, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah meminta DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mendukung peningkatan status RSUD Damanhuri Barabai yang kini berstatus C menjadi B.
    Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Abdul Lati, Sabtu mengatakan, peningkatan status RSUD Damanhuri merupakan salah satu prioritas yang bakal dilaksanakan selama kepemimpinannya.
    “Untuk menyukseskan program tersebut, saya sangat berharap DPRD bisa memberikan dukungan penuh, melalui dana APBD provinsi, dana hibah maupun lainnya,” katanya.
    Selain RSUD Damanhuri, beberapa program unggulan dan prioritas pemerintahannya di bidang kesehatan dan pendidikan, diantaranya program dokter Banua.
    “Pembenahan rumah sakit merupakan komitmen kami yang didukung oleh DPRD HST, tetapi untuk meningkatkan peringkat dari kelas C ke B itu membutuhkan anggaran dana yang lumayan  besar,” katanya.
    Menurut Bupati, untuk peningkatan kelas tersebut, semua fasilitas harus dilengkapi, baik fisik bangunan, sarana dan prasarana, alat-alat kedokteran, administrasi maupun perawat dan kesediaan dokter.
    Berdasarkan perhitungan rumah sakit, anggaran yang diperlukan mencapai Rp100 miliar untuk mengubah status tersebut.
    “Karena dana yang diperlukan sangat besar, saya meminta bantuan dan dukungan penuh dari DPRD Provinsi Kalsel untuk merealisasikan hal tersebut,” katanya.
    Perubahan status rumah sakit tersebut, kata dia, bertujuan memberikan pelayanan kesehatan secara merata dengan pelayanan yang baik dan menjadi rumah sakit rujukan.
    “Jika status RSUD sudah kelas B, masyarakat HST tidak perlu lagi merujuk pasiennya ke rumah sakit lain,” katanya.
    Selama ini, pasien RSUD Damanhuri, dirujuk ke RSUD Kandangan, yang merupakan rumah sakit terdekat dari Barabai.
    Sebelumnya, Komisi IV DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke HST dalam rangka monitoring program Pemprov Kalsel ke daerah-daerah di Kalsel.
    Kunjungan dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Yazidie Fauzi beserta enam anggotanya dan beberapa PNS Dinas Kesehatan dan Pendidikan Provinsi Kalsel.
    Pada kesempatan tersebut, Yazidie menyampaikan, kunjungan kerja komisinya ke Kabupaten HST bertujuan untuk melakukan monitoring bantuan hibah yang bersumber dari APBD Provinsi Kalsel.
    Monitoring hibah tersebut, khususnya hibah dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, sesuai dengan bidang komisi yang dipimpinnya, yakni kesejahteraan rakyat.
    “Setelah melakukan monitoring ini, selanjutnya akan kami lakukan evaluasi dan berharap ke depan dapat menambah batuan-bantuan hibah tersebut ke Kabupaten HST,” katanya.
    Melalui sinergi antara Pemkab HST dan jajaran DPRD Provinsi Kalsel ini, diharapkan akan mampu mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat HST.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com