• DPRD Batam Nilai Perda Zakat Belum Efektif

    0

    Batam, jurnalsumatra.com – Komisi IV DPRD Kota Batam Kepulauan Riau menilai Peraturan Daerah  No.3 tahun 2009 tentang Pengelolaan Zakat belum efektif di masyarakat sehingga pengelolaannya pun belum maksimal.
    “Perda zakat belum disentuh pemerintah, DPRD pun belum menindaklanjuti,” kata Ketua Komisi IV DPRD Batam Riky Indrakari di Batam, Senin.
    Namun, ia tidak menyalahkan pemerintah atas mandegnya Perda itu. Karena menurut dia, Perda itu sudah kedaluarsa dan musti direvisi agar bisa diimplementasikan.
    Perda Pengelolaan Zakat mengatur setiap warga yang berpenghasilan minimal Rp2,1 juta per bulan dan Rp15 juta per tahun wajib membayar zakat.
    Zakat kemudian akan dikelola Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat untuk disalurkan kepada pihak yang berhak menerima dengan tujuan pengentasan kemiskinan.
    Riky menyatakan Perda Pengelolaan Zakat Batam seperti menyalin dari UU Zakat yang lama, dan kini sudah ada revisi, sehingga Perda di Batam terkesan ketinggalan.
    Seyogyanya, Perda Pengelolaan Zakat disusun sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, karena sama-sama beritikad untuk menekan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    Ia mengusulkan perlunya revisi Perda Pengelolaan Zakat, disesuaikan dengan UU Zakat yang baru serta dengan RPJMD.
    “Efektifitas dikaitkan dengan RPJMD, disejalankan dengan program pengentasan kemiskinan,” kata dia.
    Riky menyatakan terdapat dua hal yang patut dimasukan dalam revisi Perda Pengelolaan Zakat, yaitu penyusunan data base penerima zakat dan pemberian restitusi pajak retribusi bagi pembayar pajak.
    “Muzaki pun diberikan insentif. Bila bisa menunjukkan bukti pembayaan zakat 2,5 persen,, maka mendapatkan restitusi pajak,” kata dia.
    Hal itu demi merangsang keinginan muslim untuk membayarkan kewajibannya.
    “Data base  mustahik tunggal harus di tuangkan dalam SK Wali Kota. Pemerintah pusat sudah memiliki datanya, Pemkot kami harap segera meminta ke nasional,” kata Riki. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com