• Disperindagtamben Pastikan Tidak Ada Cabai Berbahan Pengawet

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memastikan tidak ada cabai berbahan pengawet yang tersebar di pasar-pasar daerah itu.
    “Kami sudah sidak ke pasar-pasar setempat. Semua cabai aman dan dipastikan tidak berbahan pengawet,” kata Kepala Disperindagtamben Kota Padang, Hendrizal Azhar di Padang, Selasa.
    Ia menegaskan pihaknya sudah mencek dan melakukan penelusuran di pasar setempat dengan maksimal, dan tidak ada cabai yang diberi cairan atau semprot agar awet, berformalin dan sebagainya.
    Menurutnya, pihaknya tentu tidak sekedar sidak saja di pasar, namun benar-benar di cek karena jika ada bahan berbahaya pada bahan makanan pokok itu tentu berimbas pada masyarakat banyak yang mengonsumsi.
    “Kalau memang ada tentu akan kami tindak, begitu pula ke depannya, akan berlaku sama,” ujarnya.

         Ia menerangkan masyarakat Kota Padang dapat berbelanja dengan aman khususnya cabai dan tidak perlu mempercayai isu-isu adanya bahan berbahaya pada cabai itu.
    Sementara Kepala Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Padang, Zulkifli menyebutkan pihaknya memang belum ada melakukan pengambilan sampel untuk cabai segar yang di jual di pasaran di daerah itu.
    “Untuk cabai segar, itu tanggungjawab dinas terkait. Untuk BPOM sendiri lebih pada bahan yang telah dikemas,” ujarnya.
    Sementara salah seorang petani cabai yang juga berjualan di Pasar Raya Padang, Risma menyebutkan cabai itu sebenarnya dapat tahan sekitar 15 hari dari sejak dipetik atau siap jual.
    Menurutnya, untuk dijual, cabai-cabai itu selalu disortir setiap harinya agar tetap terlihat segar dan sesekali di siram-siram dengan air biasa.
    “Tapi kalau untuk setelah dibeli, masyarakat bisa membungkus dengan kertas agar kebih tahan. Bukan dengan plastik, dan rasanya akan lebih pedas,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com