• Dishub minta Keamanan Angkutan Laut ditingkatkan

    0

    logo-dishubPalembang, jurnalsumatra.com – Selain angkutan darat dan angkutan udara, arus mudik juga seringkali menggunakan angkutan laut. Seperti kapal, speedboat hingga ketek untuk jalur mudik jarak dekat. Kendati demikian, tak sedikit angkutan laut serta angkutan sungai yang mengabaikan unsru keselamatan.

    “Banyak angkutan sungai yang tak menggunakan pelampung,” ujar Syarfuddin, Kepala Bagian hubungan laut dan ASDP Dishub kota Palembang kemarin (21/6). Terutama angkutan ketek dan speedboat, paling banyak yang tidak menggunakan pelampung sebagai salah-satu alat keamanan.

    Kendati demikian, Syarfuddin mengaku cukup kesulitan melakukan sosialisasi kepada para awak kapal juga sopir ketek terebut. “Kami selalu melakukan sosialisasi, juga sering membagikan pelampung gratis,” imbuhnya. Hanya saja tak sedikit para awak mengaku pelampung yang disiapkan hilang dan berbagai alasan lain.

    “Mereka juga sering beralasan ada ban bekas dan derigen untuk pengganti pelampung,” imbuhnya seraya mengaku saat di cek memang ada alat pengganti pelampung tersebut. menjelang arus mudik, dirinya mengaku secara resmi tidak ada kenaikan untuk tariff angkutan sungai.

    Hanya saja, dirinya tak menapik biasanya menjelang arus mudik, biasanya angkutan sungai juga mengalami kenaikan. “Kalau naiknya wajar masih bisa ditolerir, asalkan konsumen tidak keberatan,” lanjutnya seraya menyebut biasanya menjelang liburan dan arus mudik, permintaan penumpang yang ingin naik kapal pun meningkat.

     Syarfuddin menyebut kemarin pihaknya bersama dengan Kementerian Perhubungan juga membagikan pelampung (life jacket) untuk beberapa pengemudi ketek dan speedboat yang mengetem di pasar 16 Ilir. “Itu program Kementerian untuk mengecek kesiapan angkutan lebaran, sekaligus membagikan life jacket,” imbuhnya.

    Untuk di Palembang sendiri, dibagikan 50 life jacket yang bakal dibagikan di Dermaga Pasar 16 Ilir, lanjut dengan dermaga Tangga Buntung pada hari Rabu (hari ini, red) dan Kamis akan dibagikan life jacket di  Sungai Lais. “Selain di Palembang, mereka juga membagikan life jacket di Muba,” tukasnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com