• Diprediksi H-2, Kendaraan Pemudik Naik 30 Persen

    0

    arud mudik2Lahat, jurnalsumatra.com – Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, kemungkinan besar pada H-2 diprediksi jumlah kendaraan dalam arus mudik 2016 ini akan meningkat hingga 30 persen. Hal ini terjadi hampir diseluruh jalur mudik baik Pulau Sumatera maupun Jawa.

    Seperti ditegaskan, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan informatika (Kadishubkominfo), HM Eduar Kohar SE MM, menurutnya, guna mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran tersebut tentunya pihaknya akan memaksimalkan personil di masing-masing posko pemantauan dan pelayanan.

    Memaksimalkan personil gabungan yang ada, sehingga arus lalin mudik tahun ini menjadi lancar, selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota tetangga dalam pengaturan kendaraan melintas di jalan lintas sumatera (jalinsum),” ujar Eduar Kohar.

    Oleh sebab itu, sambung Eduar, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan instansi terkait, perihal akses jalan yang mengalami kerusakan ataupun titik-titik rawan longsor supaya menjadi perhatian serius, ini merupakan salah satu faktor lancarnya arus lalin.

    “Pemasangan rambu-rambu, persiapan kendaraan alat berat (alber) diperlukan dalam melaksanakan kegiatan mudik lebaran kali ini, sehingga semuanya berjalan sebagaimana mestinya,” tambahnya lugas.

    Sementara itu, Kapolres Lahat, AKBP Rantau Isnur Eka Sik melalui Kasatlantas, AKP Dani Prasetya Sik menuturkan, kepada pemudik untuk berhati hati di dalam perjalananan antisipasi kecelakaan seperti dengan mengurangi kecepatan saat mengendara. Dan bila mengantuk bisa istirahat di rest area atau di setiap pos pelayanan.

    “Tentunya kepada para pemudik agar selama perjalanan untuk memperhatikan keselamatan, rambu-rambu lali lintas (lalin), mengurangi kecepatan kendaraan, dan paling penting apabila mengantuk supaya beristirahat sejenak,” ujar Kasat Lantas Lahat. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com