• Dinkes Siaga 5 Poslan Jaga Arus Mudik

    0

    dr. Anton SuwindroPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Mengantisipasi arus mudik yang mulai ramai, Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang sudah menyediakan 5 posko pelayanan (poslan) khusus kesehatan. Kelima poslan ini bakal siaga penuh selama 24 jam sebagai antisipasi tutupnya Puskesmas selama libur lebaran.

    Kepala Dinkes Palembang, dr Anton Suwindro mengatakan, khusus puskesmas memang akan tutup selama lebaran. Maka itu pihaknya berinisiatif mendirikan poslan ini. “Kelima titik strategis yang akan didirikan poslan yakni Bandara SMB II, Pelabuhan, Bundaran Air Mancur, Alang-alang Lebar dan Kertapati,” ujarnya Rabu (29/6).

    Pihaknya akan menempatkan 4 petugas yang akan berjaga secara bergiliran di setiap pos. Poslan ini sendiri akan beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB selama H-7 dan H+7 lebaran. “Setiap poslan akan siaga 1 ambulan. Jadi disana hanya berfugsi untuk luka-luka ringan dan pengobatan ringan seperti pertolongan pertama. Jika sudah parah, akan dirujuk ke RS terdekat,” ungkapnya.

    Tak hanya itu, pria yang juga menjabat sebagai ketua PMI kota Palembang ini memastikan stok persediaan darah di PMI aman selama libur lebaran. Ia tidak dapat menjelaskan secara gamblang berapa kantong persediaan darah untuk mengantisipasi hal urgent selama libur.”Setidaknya stoknya ada, karena jumlahnya tentatif. Kadang bertambah,kadang juga berkurang,” tegasnya.

    Meskipun seluruh RS sudah menyediakan poli khusus dan IGD siaga 24 jam selama arus mudik, ia memgimbau kepada pengendara untuk tetap berhati-hati selama dalam perjalanan. Apalagi bagi yang mempunyai riwayat penyakit yang membutuhkan obat. “Selalu siaga obat sebagai bekal di perjalanan. Lebih baik kita mencegah, daripada nanti terlanjut berbahaya selama dalam perjalanan,” imbuhnya. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com